Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Curhat Sopir Truk Jadi Korban Pungli di Bekasi

Kompas.com - 25/09/2023, 06:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi pungutan liar atau pungli yang dilakukan sejumlah oknum masih menjadi hal menghantui pekerjaan sopir truk di Indonesia.

Bahkan, baru-baru ini viral di mesia sosial tentang curhatan seorang sopir truk yang mengeluh akibat terlalu banyak pungli di sepanjang Jalan Babelan, Kabupateb Bekasi.

Pada cuplikan video yang diunggah oleh akun Tiktok @rmlanmzr, sopir truk tersebut tengah membawa tanah menuju salah satu tempat di wilayah Babelan. Namun, ada banyak oknum yang melakukan pungli yang berjaga di sepanjangan jalan tersebut.

Para oknum pungli tersebut berjaga di jalan yang sama dengan jarak yang hampir berdekatan untuk menghentikan sopir truk. Pada narasi video juga disebutkan, aksi pungli hampir terjadi setiap malam.

Baca juga: Live MotoGP India 2023; Marc Marquez Terjatuh

 

@rmlanmzr Viral Di Sosial Media Sopir Truk Mengeluh Akibat Terlalu Banyak Pungli Di Jalan Sekitar Babelan Bekasi. Curhatan seorang supir trus yang mengeluh karena banyaknya pungli di sepanjang jalan babelan, Kabupateb Bekasi. Diketahui supir tersebut membawa tanah untuk pengurugan kesalah satu tempat di wilayah Babelan. Aksi tersebut hampir terjadi setiap malam. Terlihat dalam sebuah video yang direkam sang supir memperlihakan banyaknya pungli yang dilakukan sepanjangan jalan tersebut. " Kerja kalian apa, Polisi, PNS, kantoran manalah main pungliah malakin supir minta seribu tinggal bikin satu jari minta dua ribu tinggal bikin dua jari lima ribu tinggal bikin lima jari langsung dapat, ngga ngasih maki-maki supirnya ngelawan gebukin supirnya kalian tengok nih dua meter satu dua meter satu pernah kalian liat pungli di indonesia ini ngga pake modal dan gapae sekolah kalian liat nih babelan babelan," Ucap Sang Supir Dalam Video. (Wahyu Puniem) ???? @Kosmi_Indonesia #karawang #bekasi #cikarang #babelan #babelanbekasi #tarumajaya #viral #viraltiktok #viralvideo #virall #fyp #fyp??viral #supir #supirtruck ? suara asli - Si Tipong

Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jateng-DIY Bambang Widjanarko mengatakan, aksi pungli berupa orang tidak dikenal yang minta uang kepada sopir truk memang banyak sekali di perjalanan.

"Bukan hanya sekarang, namun sudah ada sejak dari dulu dan banyak. Hanya saja biasanya mereka melakukan ini di daerah tertentu saja. Kalau di daerah tengah perkotaan itu tidak mungkin. Mereka masih ada takutnya dengan aparat," kata Bambang kepada Kompas.com, Minggu (25/9/2023).

Baca juga: PO Harapan Baru Luncurkan Bus Ekonomi Pakai Sasis Hino AK215

Hanya saja, para oknum pelaku pungli sudah tahu bahwa aparat tidak bisa menjaga 24 jam.  Sehingga aksi tersebut dilakukan di daerah tententu yang jarang ada aparat.

Menurut Bambang, jumlah aparat yang ada saat ini tidak memenuhi dengan perbandingan jumlah penduduk di Indonesia. Sehingga kondisi tersebut memberikan celah bagai pelaku untuk melakukan aksi pungli kepada sopir truk.

"Solusinya harus ada penjagaan lebih ketat dari tim khusus yang di bentuk untuk mengatasi aksi ini. Misalnya ditakuti dengan patroli buser sesering mungkin ke daerah tersebut agar bisa membuat oknum menjarangkan tindakannya," kata Bambang. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com