Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Asal Kulonprogo Ini Bikin Mini Rubicon pakai Mesin Carry

Kompas.com - 20/09/2023, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi memang suatu hal yang sering dilakukan oleh penggemar otomotif. Baik modifikasi ringan seperti menambah atau mengganti aksesori aftermarket, sampai yang ekstrim dengan merubah bentuknya.

Seperti yang dilakukan oleh Iman, pria asal Kulonprogo, Yogyakarta, yang menciptakan mobil mini Rubicon dari mesin Suzuki Carry tahun 1986.

Kepada Kompas.com, Iman mencaritakan awal mula dirinya menciptakan replika mobil-mobil mahal dengan ukuran mini.

Baca juga: Alasan Mobil Listrik Buatan China Bisa Lebih Murah dari Pabrikan Lain

“Awalnya saya membuat mobil mini untuk anak saya. Kemudian sebagian saya upload di Youtube dan viral. Sehingga saya kembangkan untuk beberapa model ada mini Jeep Willys, mini Rubicon, model buggy. Mesinnya dari sepeda motor dan mobil,” ucap Iman, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/9/2023).

Untuk mini Rubicon, Iman menjelaskan, menggunakan basis Suzuki Carry tahun 1986.

“Kalau yang Rubicon warna oranye itu mesinnya pakai Suzuki Carry tahun 1986, 1.000 cc,” kata pria yang bekerja sebagai kreator konten itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rimbono Garage (@rimbono_garage)

Iman pun menceritakan proses modifikasinya. Suzuki Carry tersebut mulanya dibongkar terlebih dahulu, baru selanjutnya dipasang sasis dan body yang dibuat sendiri olehnya.

“Proses modifikasinya dari mobil utuh kita bongkar semua, diambil bagian-bagian yang bisa dipakai lagi seperti mesin, gardan, kopel persneling. Untuk yang lain seperti sasis, body, kita bikin sendiri,” ujar Iman.

Baca juga: Wuling Bawa Air ev pada Ajang IEMS 2023

Menurut Iman, untuk menciptakan mobil mini tersebut cukup sulit untuk dilakukan. Sebab harus menyesuaikan bentuk kendaraan agar terlihat simetris dan presisi.

“Kesulitan modifikasinya dari waktu pengerjaan yang cukup lama. Kedua untuk membuat kendaraan terlihat simetris atau terlihat bagus itu agak susah. Bagian mesin juga terkadang ada kendala harus diganti, sampai kita jg panggil bengkel untuk perbaikan,” kata Iman.

Iman melanjutkan, untuk membuat mobil seperti itu membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga bulan. Sementara untuk harga jualnya mulai dari Rp 45 juta.

“Kalau yang Rubicon itu Rp 55 juta. Tapi kalau dari mesin motor lebih murah Rp 45 juta,” ucap Iman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com