Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Fazzio Bertenaga Listrik Bikinan BRT

Kompas.com - 20/09/2023, 15:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Pada ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023, sejumlah stan memajang berbagai inovasi kendaraan listrik. Di antaranya terdapat motor listrik konversi yang terdapat di Paviliun Kementerian ESDM.

Salah satu garapan yang menarik perhatian adalah Yamaha Fazzio bikinan Bintang Racing Team (BRT), sebuah bengkel konversi bersertifikat asal Bogor, Jawa Barat.

Secara tampilan, motor ini masih serupa dengan Fazzio dengan mesin bakar internal. Namun bila melihat sisi sebelah kanan, baru ketahuan kalau motor ini adalah motor listrik.

Baca juga: Cara Mudah Blokir STNK untuk Hindari Pajak Progresif

Yamaha Fazzio hasil konversi motor lisrik bikinan BRTKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha Fazzio hasil konversi motor lisrik bikinan BRT

Knalpot bawaan pabrikan sudah terlepas, dan area mesin standar sudah digantikan motor listrik BLDC.

Dari sisi estetika, tidak ada yang mencolok. Hanya terdapat stiker BRT Electric dan Juken 10, yang menandakan teknologi ECU yang diusung.

Motor listrik konversi ini pakai baterai dengan spek 72V 20Ah atau sekitar 1,4 kWh,” ujar Yansen Setyadi, Technical Supervisor Bintang Racing Team (BRT), kepada Kompas.com (20/9/2023).

“Sementara dapur pacu pakai BLDC middrive bertenaga 2 KW dan dipadu ECU JUKEN 10, dengan jarak tempuh sampai 40 Km dan topspeed 70 Kpj,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com