Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distrik Otomotif PIK 2 Diresmikan, Terbesar dan Terlengkap di Indonesia

Kompas.com - 17/09/2023, 15:45 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Distrik Otomotif Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2) di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, telah diresmikan dan mulai aktif mulai Sabtu (16/9/2023).

Kehadiran Distrik Otomotif PIK 2 ini diharap mampu memajukan industri otomotif dari hulu ke hilir, mulai dari importir umum, aksesoris hingga komponen pendukung lainnya.

Kawasan seluas 3 hektar ini ini juga diproyeksikan menjadi destinasi wisata, serta wadah silaturahmi tempat berkumpulnya para penggiat industri dan pecinta otomotif dari berbagai komunitas.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Bambang Soesatyo, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), dengan didampingi Sanny Liawati, komisaris Utama PT Distrik Niaga Investama, serta Rudy Salim, CEO Prestige Corp sekaligus Chairman Distrik Otomotif PIK 2.

Baca juga: TMII Siapkan Shuttle Gratis Khusus Antar Jemput Penumpang LRT

Prestige Motorcars hadirkan Lamborghini Huracan EVO AWDIstimewa Prestige Motorcars hadirkan Lamborghini Huracan EVO AWD

Bamsoet menjelaskan, kawasan lahan PIK 2 telah terjual 70 persen atau 132 unit, dan digunakan sebagai showroom mobil, bengkel, salon, aksesoris, dan kelengkapan lainnya.

Menimbang tren baik tersebut, Bamsoet menyebut jika akan segera dilakukan pengembangan tahap kedua, di mana area akan diperluas hingga menjadi 6 hektar.

Ada beberapa fasilitas tambahan yang direncanakan, seperti tempat transaksi, pujasera, dan sarana pendukung lain. Pengelola mengaku optimistis besarnya minat penggiat otomotif di Indonesia menarik banyak brand untuk bergabung.

"Keseluruhan slot unit yang tersedia kini telah terisi lebih dari 70 persen. Khusus di pembangunan tahap kedua, pengelola bahkan memutuskan untuk menyortir tenant -tenant dengan size yang lebih besar, dibandingkan tenant di tahap satu, karena sudah 200 persen over capacity dari letter of interest yang ditandatangani para calon tenant," ucap Bamsoet kepada awak media di Tangerang, Sabtu (16/9/2023).

Baca juga: Sediakan Ragam Pilihan Busi, NGK Buka Official Store

Diler terbaru Mitsubishi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta UtaraDok. MMKSI Diler terbaru Mitsubishi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

Kehadiran Prestige Corp yang dipimpin Rudy Salim dalam Distrik Otomotif, dengan nilai investasi mencapai Rp 100 miliar, merupakan kekuatan tersendiri. Khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya, serta meningkatkan kemampuan ekspansi.

“Targetnya (pengembangan) pun tidak main-main. Diawali dari PIK 2, Distrik Otomotif juga akan hadir di berbagai kota besar lainnya di Indonesia, minimal 2 kota yang berbeda setiap tahunnya," ucap Rudy.

Dia menambahkan, tingkat majunya perekonomian negara di mata Internasional juga turut ditentukan oleh sektor otomotif. Rudy berharap, hal ini akan bisa terealisasi di Indonesia melalui kawasan PIK 2.

"Sebagaimana terlihat di Uni Emirat Arab dan Monaco, yang memiliki banyak supercar di jalan rayanya, Distrik Otomotif PIK 2 akan menjadi destinasi utama berkumpulnya para penggiat industri dan berbagai pecinta mobil yang tergabung dalam klub dan komunitas otomotif,“ kata Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com