Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Dimensi dan Eksterior Stargazer X Vs BR-V

Kompas.com - 13/09/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir sebagai pendatang baru, Hyundai Stargazer X bisa dibilang punya modal yang cukup untuk bersaing di segmen low sport utility vehicle (LSUV).

Melihat dari eksterior, interior, serta sajian fitur yang ditawarkan, bila disandingkan dengan pemain di segmen LSUV, Stargazer cocok berhadapan dengan Honda BR-V.

Dari segi harga, Hyundai memasarkan Stargazer X dalam dua tipe. Untuk tipe Style iVT dijual sebesar Rp 325,6 juta, dan untuk tipe Prime iVT Rp 336,2 juta.

Baca juga: Ganti Busi Biasa ke Iridium, Apakah Mobil Wajib Tune Up?

Banderol tersebut cocok bertemu dengan dua varian BR-V tertinggi, yakni Prestige CVT dengan harga Rp 336 juta dan Prestige with Honda Sensing CVT yang dipasarkan Rp 356 juta on the road Jakarta.

test drive Honda BR-VKOMPAS.com/Adityo Wisnu test drive Honda BR-V

Secara dimensi, Stargazer X memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.710 mm dengan wheelbase 2.780 mm dan ground clearance 200 mm.

Untuk Honda BR-V, punya panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.685 mm. Sedangkan wheelbase-nya hanya 2.700 dengan ground clearance 220 mm.

Baca juga: Kata Chery Soal Harga Omoda 5 EV untuk Pasar Indonesia

Honda BR-VHPM Honda BR-V

Melihat perbandingan tersebut, jelas secara dimensi panjang, lebar, tinggi, dan wheelbase Stargazer X lebih unggul dari BR-V.

Tapi urusan gorund clearance, BR-V lebih jenjang yang membuat pengendaranya bakal merasa percaya diri ketika melewati ragam kondisi jalan.

Dari segi fitur di eksterior, baik BR-V atau Stargazer X sudah sama-sama memiliki sistem pencahayaan LED dan DRL.

Meski Honda punya pilihan warna beragam, namun Hyundai juga menawarkan opsi berbeda melalui kelir doff dan varian two tone.

Baca juga: Tes Konsumsi BBM Hyundai Stargazer X, Yogya-Solo-Yogya

Bicara soal desain memang menjadi hal yang relatif, karena tiap orang memiliki selera masing-masing.

Pihak Hyundai mengajak beberapa media untuk mencoba keunggulan Stargazer X lewat acara test drive melewati jalur Yogyakarta-SoloFoto: Hyundai Pihak Hyundai mengajak beberapa media untuk mencoba keunggulan Stargazer X lewat acara test drive melewati jalur Yogyakarta-Solo

Tapi bila diperhatikan, Stargazer X tak jauh beda dengan Stargazer LMPV, sementara BR-V dikonsepkan dengan kesan kokoh khas LSUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com