Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Teken Kerja Sama dengan FMCTL Kembangkan Otomotif di Timor Leste

Kompas.com - 06/09/2023, 12:31 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

DILI, KOMPAS.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Federacao de Motociclismo de Timor Leste (FMCTL), resmi menandatangani nota kesepahaman kerja sama bidang otomotif di halaman Istana Kepresidenan, Minggu (4/9/2023).

Proses penandatanganan dilakukan Ketua IMI NTT Gavriel Novanto didampingi Kepala bidang Organisasi Sokan Teibang yang mewakili Ketua IMI Pusat, disaksikan langsung oleh Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta, beserta sejumlah pejabat penting lainnya.

Gavriel mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan untuk mempererat hubungan bilateral antar kedua negara.

"Selain itu, nota kesepahaman ini juga untuk pengembangan olahraga serta mobiltas otomotif antara Indonesia khususnya NTT dan Timor Leste," kata Gavriel, dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (5/9/2023).

Baca juga: Dapat Subsidi Rp 7 Juta, Cek Pilihan Motor Listrik di Bawah Rp 10 Juta

Menurut Gavriel, dalam beberapa tahun terakhir banyak kegiatan otomotif seperti road race, grasstrack, serta offroad yang telah digelar di Kupang maupun Dili Timor Leste.

Namun demikian, belum ada ikatan yang mempererat pelaku otomotif antar kedua negara tersebut. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan bisa mempermudah segala urusan otomotif maupun mobilitas antar kedua negara yang nantinya digelar di wilayah perbatasan.

IMI dan FMCTLKOMPAS.com/GIRAN BERE IMI dan FMCTL

"Selain itu, penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan agar lebih mempermudah para pembalap kedua negara yang nantinya keluar masuk daerah perbatasan untuk mengikuti setiap event yang digelar, baik di NTT maupun di Dili," ujarnya.

Gavriel juga mengundang seluruh tim dan pebalap Timor Leste agar bisa mengikuti event Kejurnas Grasstrack Region III Putaran ke-5 di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, serta Road Race di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara.

"Kejurnas Grasstrack putaran ke-5 di Sumba Timur akan digelar September 2023 ini. Sedangkan Road Race di Kefamenanu TTU akan digelar Oktober 2023 mendatang, saya mengundang teman-teman dari Timor Leste untuk mengikuti event-event itu," ucapnya.

Baca juga: Klasemen Sementara MotoGP 2023 Usai GP Catalunya, Bagnaia Masih Teratas

Presidente Federacao de Motociclismo de Timor Leste (FMCTL) Longuinhos Monteiro mengatakan, atas nama federasinya dan seluruh pengurus menyambut kedatangan delegasi Indonesia, khususnya IMI, HDCI, dan Offroad di Dili.

Menurutnya, dengan kerja sama yang tertuang dalam nota kesepahaman bisa menambah kemampuan dan kapasitas para pelaku otomotif antar kedua negara. Selain itu juga bisa membantu mengembangkan pariwisata Timor Leste dan NTT.

"Federasi kami usianya masih sangat muda sehingga kami harus banyak belajar dari Ikatan Motor Indonesia yang sudah matang dan berpengalaman dalam berorganisasi," ujar Longuinhos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com