Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTT ASEAN, Masih Ada Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Hari Ini

Kompas.com - 06/09/2023, 06:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Polda Metro Jaya melakukan rekayasa arus lalu lintas selama pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta. Pada Rabu (6/8/2023), rekayasa lalu lintas dilakukan di ruas jalan yang dilalui para delegasi atau petinggi negara yang hadir.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, mengatakan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan dua sesi mengikuti pergerakan delegasi.

Pada pagi hari akan dilakukan pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB. Sementara itu, untuk sore hari dilakukan pada pukul 16.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Dapat Subsidi Rp 7 Juta, Cek Pilihan Motor Listrik di Bawah Rp 10 Juta

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

“Kalau tadi 11 (delegasi), besok ada beberapa dari Kanada, Korea, Jepang, Australia, Amerika juga sebagai peninjau akan datang. Jadi untuk sistem arus yang akan kita gunakan sama,” ujar Latif, dilansir dari NTMC Polri (5/9/2023).

Latif mengatakan arus lalu lintas di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman akan disterilkan sementara. Penutupan dilakukan dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Senayan.

“Jalur Sudirman betul-betul untuk sementara prioritas tamu negara begitu juga yang ada di Bundaran Senayan,” ucap Latif.

Baca juga: Pemilik Mobil Diesel Ramai-ramai Migrasi Pakai Solar Murah

“Orang yang dari Antasari akan kita belokkan ke kiri untuk masuk lewat Pakubowono, sampai masuk ke Permata Hijau. Permata Hijau lurus lewat Slipi maupun lewat Tomang sampai pusat kota,” kata dia.

Kemudian, rekayasa lalu lintas juga terjadi di Jalan HR Rasuna Said yang juga menjadi prioritas dengan dilakukan sterilisasi, baik dari arah Mampang Prapatan ataupun sebaliknya.

Nantinya kendaraan dari arah Mampang Prapatan akan dibelokkan ke kiri dan ke kanan menuju Jalan Kapten Tendean.

Adapun kendaraan dari arah Pancoran arah Rasuna Said akan dibelokkan ke kiri untuk mencari alternatif jalan lain.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 50 Jutaan, Dapat Avanza sampai CR-V

Presiden Joko Widodo membuka sesi pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center, Selasa (5/9/2023).YouTube.com/Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo membuka sesi pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center, Selasa (5/9/2023).

“Untuk di Kuningan, tidak ada yang boleh masuk ke Rasuna Said, karena ada tamu negara yang akan melewati jalan tersebut,” kata Latif.

“Sehingga yang sudah masuk lewat dari Pancoran ke Kuningan akan kita belokkan ke kiri. Begitu juga arah yang dari Tendean, yang biasanya lewat terowongan akan kita belokkan ke kanan maupun ke kiri,” ujar dia.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas juga dilakukan di sepanjang Jalan Gatot Subroto yang menjadi lintasan para delegasi negara. Penutupan dilakukan dari TL Kuningan hingga TL Slipi.

Baca juga: Pilihan Skutik Bekas Rp 7 Jutaan, Dapat Mio sampai Vario

Mobil listrik yang dipakai salah satu pejabat perwakilan KTT ke-43 ASEAN perwakilan Kamboja, melewati Jalan HR Rasuna Said, Sabtu (2/9/2023).KOMPAS.com/RIZKY SYAHRIAL Mobil listrik yang dipakai salah satu pejabat perwakilan KTT ke-43 ASEAN perwakilan Kamboja, melewati Jalan HR Rasuna Said, Sabtu (2/9/2023).

Untuk kendaraan roda empat dari arah Cawang menuju ke arah Slipi akan diarahkan untuk masuk ke jalan tol. Sementara untuk roda dua akan dibelokkan ke kiri ke arah Mampang Prapatan.

Selain itu, kendaraan dari arah Pasar Minggu yang hendak menuju Jalan Gatot Subroto diluruskan menuju Tebet.

“Sehingga arah arus yang dari timur, Cawang, dari Bekasi, untuk kendaraan roda empat akan kita masukkan lewat Tebet 1 untuk masuk tol agar tidak masuk ke Kuningan,” ucap Latif.

“Untuk roda dua, yang akan menuju kegiatan di daerah kota, yang dari Pasar Minggu akan kita luruskan lewat Tebet, untuk roda empat akan kita masukkan ke tol,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com