Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Bus Listrik Beroperasi selama KTT ASEAN di Jakarta

Kompas.com - 04/09/2023, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiagakan unit bus listrik dalam rangka menyukseskan penyelanggaraan KTT ASEAN 2023, yang berlangsung 5 hingga 7 September.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, puluhan armada bus listrik dioperasikan sebelum dan selama diselenggarakannya pertemuan antar pimpinan negara KTT ASEAN 2023.

“Kami mengoperasikan sebanyak empat armada bus listrik sejak tanggal 4 hingga 6 September untuk mobilisasi tim penyambutan peserta KTT ASEAN dari landasan pacu menuju VIP room Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten dan sebaliknya," ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (4/9/2023).

Baca juga: Polusi Udara Jabodetabek Diklaim Bukan karena Kendaraan Bermotor

bagian dalam bus listrik transjakartakompas.com/janlika putri bagian dalam bus listrik transjakarta

Ia mengatakan, Pemprov DKI Jakarta juga mengoperasikan armada bus Transjakarta listrik untuk empat layanan shuttle line sejak tanggal 30 Agustus hingga 7 September mendatang.

Keempat layanan tersebut yakni pertama, shuttle Blue line yang dimulai dari tanggal 30 Agustus hingga 4 September dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

"Delapan armada bus Transjakarta listrik dikerahkan untuk layanan shuttle Blue Line dari Sultan Hotel Residence menyusuri jalan ke Gedung Serbaguna Senayan, Stasiun MRT Istora Mandiri dan kembali ke hotel," ucap Syafrin.

Baca juga: Syarat Dipermudah, Pemesanan Motor Listrik Subsidi Tembus 2.000 Unit

Kedua, lanjut Syafrin, layanan shuttle Red Line yang beroperasi pada tanggal 2 September dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

"Armada bus yang beroperasi di rute shuttle Red Line berkeliling dari hotel The Ritz Calton sayap barat menyusuri jalan ke gedung Serbaguna Senayan, Stasiun MRT Istora Mandiri, gedung Polda Metro Jaya dan masuk kembali ke kawasan hotel dari sayap timur hotel," kata Syafrin.

Ketiga, yakni shuttle Purple Line yang beroperasi pada tanggal 4 September dari pukul 17.00 hingga 19.00 WIB, dengan rute Ballroom Hotel Sultan menyusuri jalan menuju sisi timur dan barat The Ritz Calton.

"Layanan keempat shuttle Green Line yang beroperasi pada tanggal 4 hingga 7 September dari pukul 05.00 hingga 08.00 WIB dengan rute drop off media dari pintu 9 GBK menyusuri ruas jalan ke Stasiun MRT Istora Mandiri 2, Istora Senayan, Balai Sidang JCC Senayan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com