Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Gandeng Lippo Mall, Bikin Charging Station Mobil Listrik

Kompas.com - 05/09/2023, 16:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melanjutkan komitmennya untuk mendorong proses percepatan penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kembali menjalin kerja sama dengan PT Lippo Malls Indonesia terkait pengadaan fasilitas charging station untuk mobil listrik.

Inisiatif tersebut dinyatakan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh kedua pihak di Hyundai Motorstudio Senayan Park, Jakarta pada Selasa (5/9/2023).

"Kerja sama dalam menghadirkan Stasiun Pengisian EV (electric vehicle) di 52 mal di bawah naungan Lippo Malls Indonesia ini menegaskan posisi Hyundai sebagai game changer dalam sektor otomotif Indonesia," ujar Direktur Utama HMID, Woojune Cha, Selasa.

Baca juga: Roy Suryo Sebut Penyebab Utama Polusi Udara Bukan Cuma Kendaraan

Penandatanganan Kerja sama pengadaan charging station oleh Hyundai Motors Indonesia dengan Lippo Malls IndonesiaKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Penandatanganan Kerja sama pengadaan charging station oleh Hyundai Motors Indonesia dengan Lippo Malls Indonesia

"Dengan jaringan stasiun pengisian EV Hyundai yang terus berkembang, kerja sama dengan Lippo Malls Indonesia ini merupakan momentum penting bagi kami untuk terus memperkuat upaya perusahaan dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik nasional," lanjut dia.

Chief Executive Officer Lippo Malls Indonesia Henry Riady dalam kesempatan sama menyebut dalam tahap awal atau sampai akhir tahun ini, target pengadaan charging station bersama Hyundai akan sebanyak 13 unit.

Semua fasilitas bakal menggunakan standar terbaru, di mana bakal mudah dijangkau oleh para pengguna, berkapasitas besar hingga 50 kW, dan sebagainya.

"Sebenarnya kita sudah launching di 2021 lalu di Kemang, Puri, dan Senayan Park. Mungkin saat ini sudah ada sekitar 10 mall dan kita akan push sampai 13 mall tahun ini," katanya.

"Kalau kita belajar dari pengalaman (sejak 2021), charging station itu lokasinya harus mudah dijangkau, menarik, dan terang. Sehingga yang sudah eksisting, kita perbarui termasuk juga kapasitasnya," tambah Henry.

Baca juga: Daftar Kendaraan Listrik yang Dipakai Selama KTT ASEAN ke-43 Jakarta

Ilustrasi mobil listrik merek Hyundai yang dipamerkanDokumentasi Tim Komunikasi Lifepal Ilustrasi mobil listrik merek Hyundai yang dipamerkan

Lebih jauh, Henry menjelaskan bahwa dalam kerja sama tersebut pihak Lippo Malls akan menyediakan lokasi strategis untuk bisa ditempatkan charging station mobil listrik.

Adapun investasi soal perangkat, pemasangan, serta perawatan unit charging station, bakal sepenuhnya ditanggung oleh pihak HMID.

"Jadi kita kerja sama dengan mereka, kita menyediakan lokasinya, melakukan promosi, tetapi semua ini adalah komitmen dari Hyundai. Sama seperti Tesla di Amerika Serikat (AS), yang membangun charging station-nya mereka," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com