Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Royal Enfield Bullet 350 Resmi Meluncur, Harganya Rp 31 Jutaan Saja | Toyota Innova Diesel Kena Tilang pada Razia Uji Emisi

Kompas.com - 03/09/2023, 06:49 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield Bullet 350 akhirnya resmi meluncur. Motor baru dengan desain klasik ini dijual Rp 31 jutaan saja, lebih murah sedikit dari model Classic 350 tapi masih di atas Hunter 350 yang jadi entry level Royal Enfield. Dikutip dari Autocar India, harga tadi tergantung dari warna yang dipilih.

Misal untuk Military Black dan Red lebih murah dari Standard Maroon dan Black, serta yang paling mahal adalah kombinasi warna hitam dan emas. Untuk varian paling rendah, rem belakang masih pakai model tromol dan yang paling tinggi pakai cakram.

Basis yang digunakan seperti motor 350cc lain Royal Enfield, seperti Hunter, Classic, dan Meteor. Artinya mesin yang dipakai adalah 349cc satu silinder berpendingin udara.

Selain itu, tilang bagi kendaraan tidak lolos uji emisi di Jakarta mulai diberlakukan kemarin, Jumat (1/9/2023) hingga tiga bulan ke depan. Salah satu titik lokasi tilang uji emisi ini ada di Jalan Industri Raya, Jakarta Pusat.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, terlihat petugas kepolisian dan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat sudah berjaga di lokasi uji emisi.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 2 September 2023 :

1. Royal Enfield Bullet 350 Resmi Meluncur, Harganya Rp 31 Jutaan Saja

Tenaga yang dihasilkan kemungkinan besar akan sama, yakni 20 TK dan torsi 27 Nm. Mesin ini terpasang ke rangka baru, suspensi depan teleskopik dan belakang pakai model twin absorber.

Bisa dibilang, Bullet 350 mirip dengan Classic 350, bedanya kalau Bullet pakai bangku single piece, beda dengan Classic yang terpisah atau split. Lalu, setang dari Bullet 350 juga lebih tinggi, sehingga posisi berkendara semakin nyaman.

Baca juga: Royal Enfield Bullet 350 Resmi Meluncur, Harganya Rp 31 Jutaan Saja

2. Toyota Innova Diesel Kena Tilang pada Razia Uji Emisi

Mobil bekas Toyota Innova Diesel V AT 2019Kompas.com/Nanda Mobil bekas Toyota Innova Diesel V AT 2019

Jika tidak lolos, pengendara motor dan mobil langsung diberikan surat tilang. Jika lolos, pengendara akan mendapat surat hasil lolos uji emisi yang berlaku hingga setahun ke depan dan bisa meneruskan perjalanannya. Ini menjadi kelebihan karena pengendara sama saja mendapatkan layanan uji emisi gratis.

Feri (45), seorang pengendara mobil jenis Toyota Innova Diesel keluaran tahun 2019, mengaku heran saat dikenai tilang uji emisi. Padahal menurut dia, mobil tersebut bukanlah mobil lama, baru dibeli 2019.

Pengendara Toyota Innova Diesel ini mengaku sudah melakukan servis rutin dan mengganti oli kendaraannya setiap 10.000 kilometer, itu sebabnya ia merasa heran bila terkena tilang.

Baca juga: Toyota Innova Diesel Kena Tilang pada Razia Uji Emisi

3. Ingat, Hari Ini Ada Rekayasa Lalu Lintas di 29 Ruas Jalan Jakarta

Ilustrasi Kota Bekasi - Suasana lalu lintas kendaraan di Jalan Jenderal Ahmad Yani Bekasi Selatan yang merupakan jalur protokol Kota Bekasi.TribunJakarta.com/Yusuf Bahctiar Ilustrasi Kota Bekasi - Suasana lalu lintas kendaraan di Jalan Jenderal Ahmad Yani Bekasi Selatan yang merupakan jalur protokol Kota Bekasi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas Ibu Kota demi mendukung kelancaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com