Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sprint Race MotoGP Catalunya, Aleix Espargaro Juara

Kompas.com - 02/09/2023, 20:36 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran sprint race seri ke-11 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Sabtu (2/9/2023), berhasil dimenangkan oleh pebalap Aprilia Aleix Espargaro.

Posisi kedua di tempati oleh Francesco Bagnaia dan podium ketiga dihuni oleh Maverick Vinales.

Jalannya balapan sprint race MotoGP Catalunya dipimpin oleh Bagnaia yang start dari posisi pertama. Diikuti oleh duo Aprilia Vinales dan Espargaro.

Memasuki tikungan pertama sempat terjadi kontak antara Alex Marquez dengan Brad Binder. Insiden ini membuat Binder harus melebar hingga ke pinggir lintasan. 

Baca juga: 1.056 Mobil Mercy Parade di Sirkuit Sentul Dapat Rekor MURI

Rider Pramac Racing Jorge Martin yang memulai balapan di posisi enam sempat berhasil menempati urutan ketiga. Sayangnya, Martin melebar di tikungan pertama. Hal ini membuat dirinya harus merosot hingga ke posisi enam. 

Memasuki lap keempat, Pol Espargaro kehilangan kendali hingga membuat sepeda motornya 'bablas' di tikungan kelima. Pol kemudian terjatuh di gravel dan tidak melanjutkan balapan.

Sementara itu, rider Repsol Honda Marc Marquez yang memulai balapan dari posisi ke-12 perlahan memperbaiki posisi dan mengejar pebalap di depannya. Marc sempat berada di posisi ketujuh. Namun, memasuki lap keenam dirinya kembali merosot ke posisi ke-10. 

Menyisakan 6 lap, Aleix berhasil merebut posisi pertama Bagnaia. Rider asal Spanyol itu memanfaatkan tikungan pertama untuk mendahului pemegang puncak klasemen sementara MotoGP 2023. 

Adapun pebalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo yang memulai balapan di posisi ke-16 dan 17, masih kesulitan untuk tampil kompetitif. Sejak awal balapan Quartararo berada di posisi ke-18 sementara Morbidelli di posisi ke-15.

Memasuki lap terakhir, terjadi side by side yang cukup seru antara Bagnaia dan Vinales untuk memperebutkan posisi kedua.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Jerman 2023Dok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Jerman 2023

Duel seri tersebut dimenangkan oleh Bagnaia yang finis di posisi kedua, diikuti Vinales di posisi ketiga. Sementara itu untuk urutan keempat dan kelima dihuni oleh Brad Binder dan Jorge Martin.

Melengkapi 10 besar, posisi keenam ditempati Miguel Oliveira, ketujuh Johann Zarco, kedelapan dan kesembilan oleh Marco Bezzecchi dan Enea Bastianini. Menutup 10 besar ada pebalap Gresini Racing Alex Marquez.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya, Bagnaia Pole Position

Berikut ini hasil balap sprint race yang digelar di Sirkuit Catalunya 2023:

1. Aleix Espargaro
2. Francesco Bagnaia
3. Maverick Vinales
4. Brad Binder
5. Jorge Martin
6. Miguel Oliveira
7. Johann Zarco
8. Marco Bezzecchi
9. Enea Bastianini
10. Alex Marquez
11. Marc Marquez
12. Luca Marini
13. Fabio Di Giannantonio
14. Raul Fernandez
15. Franco Morbidelli
16. Jack Miller
17. Augusto Fernandez
18. Fabio Quartararo
19. Iker Lecuona
20. Takaaki Nakagami
21. Joan Mir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com