Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Balap Kendaraan Tanpa Mesin Kembali Digelar di Bandung

Kompas.com - 29/08/2023, 18:21 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Balap Kotak Peti Sabun merupakan ajang kompetisi unik yang dibuat dari hasil modifikasi rancang bangun kendaraan tanpa mesin penggerak.

Balap ini jadi salah satu ajang ikonis yang cukup populer sejak 1970-an di Bandung, Jawa Barat, karena keunikanya dalam menciptakan kendaraan tanpa mesin penggerak.

Dalam kata lain, gelaran balap kotak peti sabun menjadi ajang kompetisi kendaraan unik yang dibuat dengan sederhana, bahkan tanpa dukungan teknologi seperti saat ini.

Melansir KompasRegional, balap ini terakhir dilaksanan oleh Daya Mahasiswa Sunda (Damas) pada 1982 yang berlokasi di sebuah sirkuit di Jalan Sukajadi, Bandung.

Baca juga: Ford Mustang GTD, Mobil Balap yang Legal di Jalan Raya

Terbaru, kegiatan yang berlangsung pada 26-27 Agustus 2023 di Bandung, dikuti banyak peserta dengan kendaraan tanpa mesin penggerak hasil kreasi masing-masing tim.

Salah satu pesertanya adalah Kereta Peti Sabun Team yang merupakan bagian dari Grage Group, dengan menurunkan tiga atlet yakni, Alitt Susanto, Jamet 93, serta Sintya Marisca.

Menurut Bamunas Setiawan, Presiden Direktur Grage Group, keikutsertaan dalam ajang ini karena memiliki kaitan erat dengan nilai sejarah yang diusung perusahaan dalam perjalanan bisnis dan jadi momentum transformasi.

Baca juga: Honda Giorno+ Meluncur, Harga mulai Rp 26 Jutaan

"Partisipasi Grage Group di Lomba Kotak Peti Sabun ini merupakan bentuk dukungan kami pada perkembangan potensi UMKM dan pariwisata di wilayah Jawa Barat," ucapnya dalam keterangan resmi, Senin (29/8/2023).

Balap Peti Sabun tanpa mesin penggerakGrage Group Balap Peti Sabun tanpa mesin penggerak

Menurutnya, Kereta Peti Sabun Team telah menyiapkan unit kendaraan yang didesain sedemikian rupa dengan memperhatikan komposisi dan akurasi bodi agar bisa tampil kompetitif.

Diketahui Grage Group sendiri juga cukup aktif dalam beragam kegiatan kompetisi otomotif. Hal ini diklaim sesuai dengan semangat dan keaslian untuk terus berkompetisi secara sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com