Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Incar Target Pengusaha dan Segmen Menengah ke Atas

Kompas.com - 24/08/2023, 09:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Ford Motors resmi kembali dan kini memiliki Agen Pemegang Merek (APM) baru, yakni RMA Indonesia. Berkenaan dengan pembaruan tersebut, strategi penjualan pun berubah.

Sebelum hengkang pada tahun 2016, pabrikan asal AS yang saat itu dipegang PT Ford Motors Indonesia (FMI) sempat menyasar semua segmen mobil, mulai City Car, Sedan, SUV, bahkan Double Cabin.

Kini setelah kembali, Ford di bawah naungan RMA mengaku lebih pragmatis dalam menyasar konsumen, dan untuk sementara hanya berfokus pada dua segmen saja, yakni SUV dan Double Cabin.

Sikap serius itu juga dibuktikan dengan diluncurkannya dua varian, yakni All New Ford Everest sebanyak dua model, dan Ford Ranger sebanyak 5 model.

Baca juga: Cara Loyalis Yaris Rayakan Ulang Tahun ke-17

Ford Ranger WIldtrak, diklaim jadi Double Cabin favorit di kalimantanKompas.com/Daafa Alhaqqy Ford Ranger WIldtrak, diklaim jadi Double Cabin favorit di kalimantan

Steven Beteng, Presdir RMA Indonesia, menjelaskan, target konsumen Ford untuk saat ini menyasar di lingkup menengah ke atas dan kalangan pengusaha.

“Dulu (FMI) memang menyediakan model untuk first car buyer, tapi kami (RMA) fokus ke segmen atas dulu, setidaknya untuk saat ini ya,” ujar Steven kepada Kompas.com di Tangerang, Rabu (23/8/2023).

Untuk memperluas penjualan, RMA juga sudah menyediakan diler di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Melalui data tersebut, ditemukan pula jika peminat di Kalimantan cukup tinggi.

“Kalimantan kan bisa dikatakan sebagai base mining (pertambangan), jadi yang dibutuhkan pastinya produk-produk macam single cabin, double cabin, dan SUV. Kami kuat di sana,” ujarnya.

Baca juga: Resmi Kembali ke Indonesia, Ford Motors Umumkan Nahkoda Baru

Ford Evereset TitaniumKompas.com/Daafa Alhaqqy Ford Evereset Titanium

Steven mengklaim tingkat pemesanan untuk varian Everest dan Ranger selama tahun 2023 juga cukup baik, di mana per-bulan Agustus, sudah ada lebih dari 400 unit yang dipesan.

“Untuk pengirimannya kami usahakan setia 4 bulan, jadi setahun 3 kali. Pastinya kami tidak mau konsumen inden terlalu lama,” kata dia.

Untuk diketahui, mobil-mobil Ford baru yang dipasarkan di Indonesia merupakan jenis completely built up (CBU), dan diproduksi di pabrik Rayong, Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com