Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlaku Pekan Ini, Kendaraan Tidak Lulus Uji Emisi Kena Tilang

Kompas.com - 24/08/2023, 06:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyatakan bahwa pemberlakuan tindak tilang untuk kendaraan yang tidak lulus uji emisi bakal berlaku mulai Sabtu (26/8/2023) pekan ini.

Besaran sanksinya, ialah Rp 250.000 bagi sepeda motor dan Rp 500.000 untuk jenis kendaraan roda empat.

"Untuk sepeda motor Rp 250.000, roda empat Rp 500.000 tilangnya. Denda maksimal. Tanggal 26 besok (Agustus 2023) itu sudah mulai dilakukan," kata Latif dilansir NTMCPolri, Rabu (23/8/2023).

Menurutnya, Dirlantas Polda Metro Jaya kini tengah mencari tempat untuk pemeriksaan tilang uji emisi agar tak menyebabkan kepadatan lalu lintas.

Baca juga: Gresini Racing Targetkan Poin Besar pada MotoGP Catalunya 2023

"Kita menghentikan di jalan pasti macetnya minta ampun. Kita pasti mencari tempat-tempat, area yang bisa untuk melakukan pemeriksaan itu," ujarnya.

Ia mengatakan tilang uji emisi itu sebagai tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengatasi polusi udara yang terus memburuk.

Seorang pengendara motor yang ditilang polisi di perlintasan rel kereta api Tuparev, Karawang, Jawa Barat, mengancam menelepon jenderal.Tangkapan layar video Seorang pengendara motor yang ditilang polisi di perlintasan rel kereta api Tuparev, Karawang, Jawa Barat, mengancam menelepon jenderal.

Baca juga: Beli Rangka eSAF di AHASS, Harganya mulai Rp 1,1 Jutaan

Tahap-tahap tilang uji emisi ini akan dilakukan mulai dari sosialisasi, teguran, hingga denda tilang.

"Kami akan ikut serta andil di mana polusi di Jabodetabek ini bisa menurun. Salah satunya adalah dengan transportasi yang sesuai dengan ketentuan, khususnya yaitu mengenai emisi gas buang," ujar Latif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com