Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2023, 17:12 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rangka sepeda motor skutik Honda tengah mendapat sorotan karena berkarat dan berpotensi keropos. Pemilik bisa melakukan antisipasi untuk melindungi rangka dari bahaya karat.

Seperti diketahui, belakangan ini marak skutik Honda yang mengalami patah rangka di bagian dek tengah. Kejadian ini disebabkan rangka yang keropos.

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel AHASS Bintang Motor Cinere mengatakan, perlu pengecekan lebih detail untuk mengetahui apakah rangka motor mengalami karat atau tidak.

Baca juga: Ramai Kasus Rangka Motor Honda Berkarat, YLKI Minta AHM Klarifikasi

Honda Beat alami patah rangka saat dioperasikan, padahal termasuk motor produksi baru.Tangkapan layar Honda Beat alami patah rangka saat dioperasikan, padahal termasuk motor produksi baru.

“Pengecekkan bisa dilakukan di area sambungan las, untuk memastikan karat atau jelaga,” ujar Ribut, kepada Kompas.com (23/8/2023).

Apabila ditemukan, maka pemilik bisa menerapkan cara-cara untuk menghilangkan atau mencegah timbulnya karat.

“Kalaupun benar, karat bisa dibersihkan dengan amplas halus, dan dibersihkan. Lalu, disemprot dengan cat atau pernis,” ucap Ribut.

Baca juga: Harga Toyota Rangga Diklaim Bakal Lebih Murah dari Hilux

Sementara itu, Kepala Bengkel AHASS Motocare Pekapuran Ahmad Fauzi mengatakan, rajin mencuci motor bisa jadi solusi untuk mencegah bahaya keropos.

“Saya pribadi memang perawatannya harus rajin mencuci. Karena kalau hujan sedang tinggi intensitasnya, dia kan mengandung zat asam. Lalu ketika sering menerobos banjir bisa timbul korosi,” ujar Fauzi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Tak hanya itu, Fauzi juga menawarkan opsi lain, yakni dengan membongkar bodi dan melakukan cat ulang pada bagian rangka.

“Karena di situ, yang viral itu, banyak yang mengatakan catnya tipis dan sebagainya,” kata dia.

Baca juga: Modifikasi Keyless buat Honda BeAT, Harga mulai Rp 800.000

Rangka eSAF yang dipakai Honda GenioFoto: dok.AHM Rangka eSAF yang dipakai Honda Genio

Fauzi juga mengatakan, mengecat rangka efektif bisa mengurangi karat, sebab cat memiliki kandungan antikarat yang bisa membuat sasis lebih awet dan terlindungi.

Menurut Fauzi, konsumen yang ingin mengecat rangka bisa melakukannya sendiri atau di bengkel cat motor. Namun yang perlu diingat, mengecat rangka bisa menggugurkan garansi dari pabrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com