Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Rangka eSAF di AHASS, Harganya mulai Rp 1,1 Jutaan

Kompas.com - 23/08/2023, 15:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Ramai di media sosial pengguna skutik Honda yang mengeluhkan rangkanya yang dibilang keropos. Bahkan, ada yang merekam motor barunya dan mengklaim kalau ada karat di bagian rangka.

Bahasan rangka yang dibilang keropos tadi mengarah ke model terbaru Honda yakni eSAF atau Enhanced Smart Architecture Frame. Mengingat sasis baru skutik Honda ini diklaim lebih ringan dan kuat.

Terdapat empat motor yang sudah menggunakan sasis eSAF ini, seperti Genio lansiran 2019 ke atas, BeAT dan BeAT Street keluaran 2020 ke atas, Scoopy 2020, dan Vario 160.

Baca juga: Rangka Motor Honda Berkarat, Masalah Bisa Ditelusuri dari Pabrik dan Konsumen

Honda Vario 160KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Bagi yang mengalami kerusakan pada rangka, seperti patah atau keropos, sebenarnya bisa ganti di AHASS. Sejak dulu, AHASS memang menjual sasis sebagai suku cadang, bahkan dari zaman ramai motor batangan seperti Tiger.

Tapi bisa dibilang, untuk memesan rangka ini berbeda dengan suku cadang lain. Ada syarat yang harus dipenuhi, seperti STNK sampai laporan Polisi kalau misalnya rangka rusak karena terlibat kecelakaan.

Salah satu sumber KOMPAS.com di AHASS mengatakan, untuk pemesanan rangka, biasanya harus inden, karena nomor rangka yang lama harus dikirim ke pabrikan.

Baca juga: Ramai Kasus Rangka Motor Honda Berkarat, YLKI Minta AHM Klarifikasi


"Harganya kisara Rp 1 jutaan, mau bebek, matik, tapi kalau yang impor bisa Rp 4 juta. Syaratnya STNK, kalau tabrakan dan rangka tidak bisa diperbaiki, harus minta surat dari Polisi, nomor rangka dipotong, dikirim ke pabrikan," kata sumber itu kepada Kompas.com, Rabu (23/8/2023).

Redaksi Kompas.com pun bertanya ke bagian suku cadang, berapa harga dari setiap sasis skutik yang sudah eSAF. Untuk Genio, harganya Rp 1.120.000, BeAT dan Scoopy Rp 1.150.000, sedangkan Vario 160 Rp 1.370.500.

Berikut harga rangka eSAF:

Genio Rp 1.120.000

BeAT dan Scoopy Rp 1.150.000

Vario 160 Rp 1.370.500.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com