Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Besar Chery untuk Omoda 5 EV di Indonesia

Kompas.com - 19/08/2023, 17:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Kehadiran Omoda 5 EV di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 merupakan bentuk nyata komitmen dari perseroan melalui PT Chery Sales Indonesia (CSI) untuk berbinsis di pasar Tanah Air.

Pasalnya, melalui produk terbaru yang sudah dibuka pemesanannya dengan membayar Rp 10 juta sebagai booking fee itu, Chery akan memulai rencana untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat aktivitas bisnisnya.

"Kami berencana menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang memproduksi Chery Omoda 5 EV stir kanan. Di global, ini adalah produk terbaru kami dengan kualitas tinggi, futuristik, dan canggih," kata President CSI sekaligus Vice President Chery International, Shawn Xu saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Kamis (17/8/2023).

Baca juga: Darurat Polusi Udara dan Peran Kendaraan Elektrifikasi

Omoda 5 EV tampil di GIIAS 2023KOMPAS.com/DONNY Omoda 5 EV tampil di GIIAS 2023

"Rencananya, mobil akan diluncurkan secara resmi untuk dipasarkan pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Pada periode tersebut, kami sekaligus melakukan distribusi bagi para pemesan awal," lanjut dia.

Pada kesempatan itu, ia juga mengungkapkan alasan perusahaan membuka pemesanan awal Omoda 5 EV di lantai pameran GIIAS 2023 untuk melihat respons masyarakat serta menghimpun feedback-nya.

Termasuk juga, mengenai kisaran harga yang ideal ketika mobil benar-benar diluncurkan ke pasar dalam negeri.

"Saat ini kami belum dapat mengungkap harganya karena masih ada sejumlah proses yang harus dilalui mulai dari homologasi, biaya pembuatan dan impor, sampai pajak. Apalagi di Indonesia, ketika beganti tahun ada pajak yang berubah juga," ucap Shawn.

Baca juga: Jumlah SPK Daihatsu di GIIAS 2023 Lampaui Capaian Tahun Lalu

Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023Kompas.com/Adityo Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023

"Jadi kami tidak mau membuat kesalahan karena terburu-buru. Lebih baik kita matangkan betul-betul supaya ketika diluncurkan tepat sasaran" tambah dia lagi.

Melirik spesifikasi di pasar global, Omoda 5 dibekali dengan baterai berdaya 15 KWh/100 km dan mampu menempuh jarak hingga 450 km dalam kondisi baterai penuh.

Mobil juga disebut menawarkan sejumlah keunggulan yang dihasilkan dari riset konsumen yang intensif, dari fitur kendaraan terhubung, hingga sistem bantuan pengemudi canggih,, sampai teknologi mutakhir.

"Dalam lingkungan pasar mobil listrik yang berkembang di Indonesia, Omoda 5 EV tidak hanya memenuhi standar yang ada, tetapi juga melampaui ekspektasi dengan menawarkan standar yang lebih tinggi dari yang ada di pasaran saat ini," katanya.

Fitur keamanan menjadi salah satu fokus utama Chery dalam pembuatan mobil. Hal Ini dibuktikan dengan tembusnya sertifikasi keamanan bintang lima (5) E- NCAP untuk pasar otomotif eropa dan A - NCAP untuk pasar diluar eropa .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com