Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bus Double Decker yang Ada di GIIAS 2023, Salah Satunya Full Sleeper

Kompas.com - 19/08/2023, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada GIIAS 2023, ada tiga karoseri besar yang turut memamerkan bus barunya. Pertama ada Adiputro, lalu Laksana, dan Tentrem, masing-masing membawa bus tingkat atau double decker andalannya.

Untuk Adiputro, bus tingkatnya diberi nama Jetbus 5 Super Double Decker atau SDD. Bus tersebut sudah laku, dibeli PO Sempati Star asal Sumatera.

Secara tampilan, Jetbus 5 SDD diubah bagian luarnya secara keseluruhan. Lampu kini full LED dengan desain baru yang futuristis, makin terang saja saat dibawa malam hari.

Baca juga: 6 PO yang Pedana Pakai Bus Jetbus 5 Adiputro

Jetbus 5 SDD di GIIAS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jetbus 5 SDD di GIIAS 2023

Pada bagian kabin, di dek bawah diisi empat bangku besar dengan rak penyimpanan di depannya. Sedangkan dek atas, diisi bangku yang disusun 2-2 dengan sandaran kaki.

Untuk Laksana, karoseri asal Ungaran ini membawa dua unit bus tingkat, satu milik Harapan Jaya, satu lagi milik Rosalia Indah. Bodi yang digunakan baru, yakni Legacy SR3 Double Decker Ultimate Edition.

Akhirnya Lagcy SR3 keluar versi bus tingkat dan tampilannya tidak mengecewakan. Bagian cowl depan cukup unik, desainnya banyak tarikan garis tajam, jadi tegas.

Baca juga: Tepis Ribet, Pemilik Mobil Suzuki Bisa Servis di Rumah Saja

Bus tingkat Legacy SR3 Double Decker Ultimate Edition Kompas.com/Fathan Bus tingkat Legacy SR3 Double Decker Ultimate Edition

Kaca depannya yang ganda terlihat rapi dengan bandonya yang tipis. Pada bagian samping juga ornamennya manis, tidak terlalu mengganggu.

Sedangkan di bagian kabin, diisi dengan bangku sleeper di bagian depan dan bangku biasa yang disusun 2-2. Sedangkan di Rosalia Indah, seperti biasa ada bangku super eksekutif juga yang disusun 2-1 di dek bawah.

Pada dek atas, diisi dengan bangku yang disusun 2-2 dengan sandaran kaki. Seperti biasa, toilet dipasang di bagian bawah, dekat pintu dan tangga.

Bus tingkat Avante D2 Facelift Kompas.com/Fathan Bus tingkat Avante D2 Facelift

Terakhir ada unit double decker dari Tentrem, yakni Avante D2 Facelift. Seperti namanya, bagian muka dari D2 sudah berubah, mengikuti Avante H Series facelift yang duluan meluncur.

Tapi sebenarnya, Avante D2 ini ada perubahan dimensi, jadi lebih tinggi. Hasilnya, dek di bawah jadi punya tinggi sekitar 180cm, masih nyaman buat orang Indonesia berjalan.

Kabin bus tingkat Avante D2 Facelift Kompas.com/Fathan Kabin bus tingkat Avante D2 Facelift

Pada bagian bawah dek Avante D2, diisi dengan bangku full sleeper Priority. Jadi bangkunya bisa direbahkan, bahkan setiap penumpang dapat layar entertainment sendiri.

Beralih ke dek atas, bangkunya diisi model 2-1 dengan sandaran kaki yang besar. Penumpang bisa duduk nyaman selama perjalanan, apalagi kalau duduk di depan, bisa jelas melihat ke luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com