Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Bus Tambang Unik Milik Trijaya Union di GIIAS 2023

Kompas.com - 19/08/2023, 07:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Ada berbagai kendaraan unjuk gigi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, salah satunya medium bus dengan desain unik bernama Sahara.

Bus tersebut merupakan rakitan Karoseri Trio Jaya yang mejeng di area parkiran luar Hall 10, ICE-BSD selama GIIAS 2023 berlangsung, yakni 10-20 Agustus 2023.

Diperuntukan untuk karyawan pertambangan, bus tersebut tampil beda dari bus tambang pada umumnya. Bila umumnya bus tambang tampil satu warna dengan kelir putih, Sahara menggunakan desain dual tone untuk bagian eksterior.

Dhimas Yuniarso, Direktur Utama Karoseri Trijaya Union mengatakan, bus Sahara sudah rilis sejak 2022 dan banyak dipakai perusahaan tambang di Kalimantan di Papua dan Sumatera.

Baca juga: Daihatsu Raih Penjualan 117.000 Unit, Sigra Paling Laris

Sementara itu, bus yang ada merupakan versi terbaru yang merupakan hasil penyempurnaan. Namun bus tersebut bukan prototipe, melainkan masih dalam proses dibuat menjadi 4x4.

“Karena bentuknya agak beda dari bus pada umumnya, jadi kadang-kadang orang berpendapat aneh, unik tapi bagus. Macam-macam pendapatnya. Tapi kalau sudah diganti bannya dan di ganti 4x4 itu bakal lebih gahar lagi,” kata Dimas kepada Kompas.com, Jumat (18/8/2023).

Medium bus Sahara rakitan Karoseri Trijaya UnionKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Medium bus Sahara rakitan Karoseri Trijaya Union

Dimas menjelaskan, bus sejak awal sudah dirancang agar bisa menerjal medan-medan berat dan terjal seperti area tambang atau perkebunan.

Kemudian, secara spesifik Sahara menggunakan sasis Mitsubishi FE 71 GBC yang nantinya akan dibekali dengan mekanisme 4x4. Sementara itu, untuk bagian kabin punya kapasitas 19 kursi penumpang dan satu kursi sopir.

Baca juga: Mengenal Bedanya Coating dan PPF untuk Cat Mobil

Lalu pada bagian dasar kabin dibalut oleh full alumunium floor. Selain itu dilengkapi juga dengan All New Denso M30 Aircond, lampu DRL dan full daymaker LED lightings.

“Ini merupakan sebuah kendaraan multifungsi untuk di tambang, di daerah-daerah pedalaman yang jalannya banyak rusak dan belum ada jalan konkrit-nya. Bisa juga jalan tanah, lumpur dan batu,” kata Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com