Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Air ev Pertahankan Titel Mobil Listrik Termurah di Indonesia

Kompas.com - 18/08/2023, 10:12 WIB
Aditya Maulana

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Varian baru Wuling Air ev resmi diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Strategi ini dilakukan Wuling Motors untuk memberikan pilihan kepada konsumen sekaligus mempertahankan titel sebagai pemegang mobil listrik termurah di pasar otomotif nasional.

Mobil listrik berdimensi mungil ini dijual Rp 206.000.000 (OTR DKI Jakarta), namun karena mendapatkan insentif PPN dari pemerintah, maka konsumen dapat membeli dengan banderol Rp 188.900.000.

Tentu saja harga tersebut menjadikan Air ev tetap menjadi mobil listrik termurah di Indonesia, sebab model dari merek lain, termasuk rival di kelasnya dijual dengan banderol di atas Rp 189 juta. Bahkan segmen di atasnya bisa mencapai Rp 1 miliar lebih.

Baca juga: 7 Perbedaan Wuling Air EV dan Air EV Standard Range

Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors menuturkan, bahwa varian terbaru Air ev Lite dihadirkan guna menjawab kebutuhan akan mobil listrik serta dapat menjangkau lebih banyak konsumen dari berbagai wilayah di Indonesia.

Wuling Air ev Lite ditawarkan dengan harga Rp188.900.000 untuk wilayah Jakarta dengan memanfaatkan insentif PPN.dok. Wuling Wuling Air ev Lite ditawarkan dengan harga Rp188.900.000 untuk wilayah Jakarta dengan memanfaatkan insentif PPN.

"Tentunya kami melihat bahwa meningkatnya tren kendaraan listrik menjadi peluang untuk menghadirkan produk yang mudah dijangkau oleh siapa saja dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan," tutur Dian di booth Wuling di GIIAS 2023 belum lama ini.

Menurut Dian, dengan hadirnya Air ev Lite, maka secara keseluruhan mobil listrik pertama Wuling di Indonesia ini memiliki tiga varian, yang terdiri dari Long Range, Standard Range, dan Lite.

Baca juga: Menengok Wuling New Almaz RS yang Tampil Perdana di GIIAS 2023

Mobil listrik mungil ini dipasarkan dalam lima pilihan warna, yaitu Pristine White, Galaxy Blue, Avocado Green, Lemon Yellow, dan Peach Pink. Akan tetapi, semua kelir tersebut hanya tersedia dalam konfigurasi one-tone body color.

Wuling resmi melansir Wuling Air EV Lite di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.Foto: Wuling Wuling resmi melansir Wuling Air EV Lite di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Menyoal spesifikasi teknis, Air ev Lite dibekali baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 18 kWh yang memiliki daya jelajah hingga 200 kilometer untuk satu kali pengisian baterai.

Tipe inipun mengaplikasikan unsur easy home charging yang memberikan kemudahan dalam pengisian daya dimanapun bahkan di rumah dengan daya minimal 2.200 Watt.

Baterai yang dipakai pada Air ev Lite juga dijamin keamanannya dengan standar IP67 dan telah melalui pengujian dalam berbagai kondisi ekstrem.

"Air ev Lite pun bisa bergerak lincah di berbagai kondisi lalu lintas dan mudah untuk parkir. Menariknya, pengguna Air ev ini pun dapat memonitor kondisi mobil dengan mudah via aplikasi MyWuling+," tutur Dian.

Penjualan mobil listrik

Convoy Wuling Air ev Wuling Convoy Wuling Air ev

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil listrik di Indonesia sepanjang semester I tahun 2023 cukup positif. Total angka distribusi dari pabrik ke dealer atau wholesales dari Januari hingga Juni mencapai 5.849 unit.

Jumlah itu mencapai hampir 50 persen lebih dari total penjualan mobil listrik sepanjang tahun lalu yang mencatatkan 10.327 unit. Wuling Air ev mencatatkan penjualan 1.654 unit periode Januari-Juni 2023.

"Artinya potensi pasar mobil listrik di Indonesia begitu besar, dan dengan adanya Air ev Lite ini masyarakat memiliki banyak pilihan lagi dan harapan kami bisa diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat Indonesia," tutur Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com