Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik MG di Indonesia, Bakal Banyak Produksi Mobil Listrik

Kompas.com - 18/08/2023, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Pabrik Morris Garages (MG) di Indonesia akan mulai beroperasi awal 2024. Pabrik tersebut tak hanya akan memproduksi mobil berbahan bakar minyak tapi juga mobil listrik.

Pabrik MG Motor Indonesia itu akan berada di Cikarang, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi sekitar 100.000 unit per tahun.

Baca juga: Ini 4 Jenis Pelumas yang Wajib Dibawa Saat Touring Naik Motor

MG Motor Indonesia berkolaborasi dengan Abenk Alter dan MuklayKompas.com/Donny MG Motor Indonesia berkolaborasi dengan Abenk Alter dan Muklay

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, mengatakan, lebih dari setengah kapasitas produksi tersebut akan dipergunakan untuk produksi mobil listrik.

"Pada saat bicara (mesin) kombusi dan elektrik, walaupun tetap ada di kombusi (internal combustion engine/ICE) tapi fokusnya MG ialah elektrik. Jadi saya bisa katakan 60 persen fokusnya adalah elektrik dan selebihnya kombusi," kata Arief yang ditemui belum lama ini di Tangerang.

Artinya jika kapasitas produksi bisa mencapai 100.000 unit per tahun maka 60 persen atau sekitar 60.000 unit mobil yang diproduksi ialah mobil listrik.

Baca juga: Nostalgia Perjalanan Canter, dari Klasik sampai Listrik

MG Motor Indonesia memberikan subsidi PPN hingga 10 persen bagi pengunjung GIIAS 2023 yang memesan MG4 EV.Dok. MG Motor Indonesia MG Motor Indonesia memberikan subsidi PPN hingga 10 persen bagi pengunjung GIIAS 2023 yang memesan MG4 EV.

Arief mengatakan, MG melihat Indonesia sebagai pasar kunci di Asia Tenggara, pembukaan pabrik merupakan respons terhadap tuntutan pasar otomotif masa kini.

"Rencana pembukaan pabrik kami bertujuan untuk lebih mendekatkan MG dengan konsumen Indonesia melalui adaptasi lokal dan integrasi dengan rantai pasokan dalam negeri," ujar Arief.

"Kami melihat Indonesia sebagai pasar yang potensial dan strategis. Keputusan ini merupakan bentuk dedikasi kami untuk terus berinvestasi dan tumbuh bersama masyarakat Indonesia," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com