Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Jangan Sampai Garansi Baterai Mobil Hybrid Suzuki Hangus

Kompas.com - 15/08/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memamerkan sederet mobil yang sudah dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Kendaraan Suzuki yang mengusung teknologi mild hybrid itu diantaranya Ertiga Hybrid, Grand Vitara Hybrid, dan XL7 Hybrid yang belum lama diluncurkan.

Ketiga kendaraan tersebut dibekali dengan baterai lithium-ion yang harganya masih tergolong mahal, mencapai puluhan juta rupiah. Sehingga para pemilik, disarankan menghindari hal-hal yang dapat menggugurkan garansi.

Baca juga: Intip Spesifikasi Mobil Listrik Mitsubishi MiEv, Siap Dijual Tahun Depan

Adhi Prasojo, Section Head of 4w Technical Service PT SIS mengatakan, ada beberapa yang bisa menggugurkan garansi baterai. Untuk itu pemilik mobil sebaiknya mematuhi syarat garansi yang berlaku.

“Semua customer baru Suzuki harus mematuhi syarat garansi yang berlaku untuk kendaraan baru. Kalau tidak, bisa menggugurkan garansi,” ucap Adhi, di BSD, Tangerang, Senin (14/8/2023).

Teknologi Suzuki Smart Hybrid Vehicle System (SHVS)KOMPAS.com/STANLY RAVEL Teknologi Suzuki Smart Hybrid Vehicle System (SHVS)

Salah satu contoh yang dapat menggugurkan garansi adalah tidak melakukan servis baterai di bengkel resmi.

“Contoh, tidak melakukan servis baterai di bengkel resmi. Misal beli mobil kemudian servis di bengkel umum, setelah ada kerusakan baru balik ke kita. Padahal di bengkel umum salah analisa atau perbaikan, itu sudah menggugurkan (garansi). Tapi selama dia rutin servis tidak ada yang bolong-bolong pasti kita cover,” ujar Adhi.

Baca juga: Lantian Juan Jadi Juara Umum Trial Game Dirt Seri Keempat

Selain itu, ada beberapa hal yang juga bisa menggugurkan garansi baterai hybrid mobil Suzuki.

“Pemasangan aksesori yang mengganggu fungsi elektrikal atau menggunakan kendaraan untuk offroad, kompetisi dan sebagainya. itu secara otomatis akan menggugurkan fungsi dari baterai,” kata Adhi.

Untuk itu, pemilik kendaraan sebaiknya menghindari hal-hal tersebut supaya bisa menikmati kendaraan dengan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com