Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Pamer Platform DNGA di GIIAS 2023, Ini Kelebihannya

Kompas.com - 13/08/2023, 12:32 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Tak hanya Xenia edisi terbatas dan kei car, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga memamerkan platform barunya, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Platform DNGA sendiri sudah digunakan pada tiga produk baru Daihatsu yang saat ini dipasarkan di Indonesia, yakni Rocky, All New Xenia, dan terbaru All New Ayla.

Penggunaannya diklaim menawarkan tiga tujuan utama, yakni kualitas tinggi dengan harga terjangkau, fokus hingga detail terkecil, dan teknologi terkini untuk semua.

Baca juga: Ulik Perbedaan Daihatsu Xenia Limited Edition dengan Varian Biasa

Bertempat di GIIAS 2023, DNGA ditampilkan oleh Daihatsu secara fun-edutainment pada area Technology Display bersama teknologi series hybrid engine yang telah diadopsi pada Rocky S--HEV untuk pasar Jepang.

"Di GIIAS 2023 ini, Daihatsu memperkenalkan teknologi dan display berbasis DNGA sehingga masyarakat lebih mengetahui keunggulan dan kecanggihan teknologi mobil Daihatsu," kata Meddy Hamdani, Design Engineering Division Head PT ADM dalam keterangan resminya, Minggu (13/8/2023).

Menggunakan Ayla, Daihatsu memamerkan front dan rear suspension yang telah mendapat rombakan karakteristik desain sehingga diklaim menghasilkan getaran serta gerakan mengayun yang lebih lembut untuk kenyamanan.

Salah satu ciri DNGA ditunjukkan melalui sasis Ayla yang kemasannya dibuat utuh atau menyambung dari depan ke belakang. Dengan demikian, sasis baru tersebut digadang-gadang lebih kuat, stabil, dan aman.

Baca juga: Adu Kelengkapan Fitur Stargazer X Vs Xpander Cross, Mana Lebih Unggul?

Konsep desain bodi mobil serta kombinasi sasis kendaraan yang menyambung juga berfungsi mengurangi getaran pada kendaraan.

Daihatsu Xenia Limited Edition di GIIAS 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Xenia Limited Edition di GIIAS 2023

Sebelumnya, Anjar Rosjadi, Research & Development (R&D) Product Planning Division Head PT ADM menjelaskan, kunci utama DNGA adalah konsep filosofi 1-1-1-1, yakni 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik.

Angka tersebut memiliki arti bahwa setiap pengembangan produk DNGA memiliki memperhitungkan segala aspek yang sangat detail. Dari ukuran, bobot, harga, sampai waktu agar menghasilkan kendaraan yang efisien.

Mobil Daihatsu yang telah menggunakan DNGA juga mampu memberikan pengalaman serta sensasi berkendara yang lebih halus, nyaman, stabil, serta performa yang lebih maksimal.

Baca juga: Pertama Kali di Indonesia, Honda Pamerkan Mobil Konsep SUV e:Prototype

Mesin Rocky Hybrid di GIIAS 2023ADM Mesin Rocky Hybrid di GIIAS 2023

"Filosofi 1-1-1-1 adalah penguasaan yang mendalam sampai mendetail. Dibandingkan sebelum DNGA, bobot kendaraan Daihatsu belum optimal karena memang belum sampai detail," kata Anjar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com