Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi Daihatsu Xenia Sudah Tembus 700.000 Unit di Indonesia

Kompas.com - 11/08/2023, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Sejak meluncur pada akhir 2023, sampai saat ini Daihatsu Xenia usianya sudah hampir 20 tahun. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim populasi Low MPV ini sudah mencapai ratusan ribu unit sejak pertama kali hadir.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengatakan, sejak awal penjualan Xenia sudah tembus 700.000 unit.

“Pangsa pasar Xenia itu sekitar 13 persen di segmen MPV Low yang ada bonnet-nya. Dulu awal-awal hampir fifty-fifty antara Xenia dan Avanza,” ujar Hendrayadi di Tangerang (11/8/2023).

Baca juga: Daihatsu Luncurkan Xenia Edisi Terbatas, Cuma 20 Unit

Daihatsu Xenia RWDKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Xenia RWD

Ia juga mengatakan, saat ini Xenia masih bertahan menempati posisi ketiga dari jajaran Low MPV terlaris di Indonesia.

“(Sekarang nomor 3) karena ada brand lain yang masuk, yang cukup gencar juga. Pertama masih tetap Avanza, yang kedua Xpander, yang ketiga baru Xenia,” ucap Hendrayadi.

“Sekarang Xenia sekitar 1.700 unit sampai 1.800 unit per bulan. Varian 1.300 cc sebanyak 90 persen, 10 persennya yang 1.500 cc. Penjualan transmisi matik itu sekitar 28 persen, sisanya manual,” kata dia.

Baca juga: Pakai Mesin Diesel dan Bensin, Toyota Rangga Calon Angkot Masa Depan

Sebagai informasi, Xenia mengalami ubahan yang menyeluruh pada generasi ketiga yang hadir tahun 2021. Model baru Xenia itu menerapkan platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Salah satu perbedaan yang mencolok, Xenia generasi baru telah mengusung penggerak roda depan dan transmisi otomatis CVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com