Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Desain MPV Premium Baru, Alphard Hybrid dan Maxus Mifa 9

Kompas.com - 13/08/2023, 12:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dimeriahkan beragam mobil di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Pilihannya makin banyak bukan cuma mesin bensin, tapi hybrid dan juga listrik.

Menyasar segmen mobil MPV premium berteknologi elektrifikasi, ada dua model yang baru meluncur di GIIAS 2023. Pertama, wakil Jepang, yaitu All New Toyota Alphard Hybrid. Kedua, andalan China, ada Maxus Mifa 9 yang datang di bawah payung Indomobil Group.

Baca juga: Mitsubishi Berencana Melengkapi Fitur ADAS pada XForce

Bicara desain keduanya tampak berbeda satu sama lain. Alphard yang sudah eksis 15 tahun di Indonesia punya desain yang lebih familier. Bodi boxy yang khas sudah melekat di benak masyarakat karena populasinya yang relatif cukup banyak di kota besar.

Maxus Mifa 9 di GIIAS 2023KOMPAS.com / Daafa Maxus Mifa 9 di GIIAS 2023

Adapun, sebagai pendatang baru, Mifa 9 punya tampilan yang lebih futuristik. Meski tetap ada unsur boxy, tapi desainnya terasa serba lancip terlihat dari desain lampu. Secara keseluruhan karakter tampilan Mifa 9 lebih bernuansa agresif ketimbang elegan untuk status MPV bongsor.

Dari segi tampilan, penampilan fasia Alphard baru terkesan lebih besar dan gagah. Bentuk gril ini sudah dikembangkan Toyota sejak model sebelumnya, tapi kini jadi terkesan lebih segar.

Beralih ke samping, terlihat tarikan garis desain bodi yang dinamis. Meski bodi mengotak tapi bentuk lampu belakang dapat menyesuaikan dan membuat kesan mobil menjadi makin lebar dan gagah.

Baca juga: Razia Kendaraan Belum Uji Emisi Perlu Dilakukan di Jakarta

Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang high quality setara Premium Luxury Sedan, bahkan melampauinya dengan meningkatkan value yang hanya dimiliki oleh MPV mewah.Dok. Toyota Astra Motor Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang high quality setara Premium Luxury Sedan, bahkan melampauinya dengan meningkatkan value yang hanya dimiliki oleh MPV mewah.

Kunci pengembangan Alphard baru pada dasarnya yaitu meningkatkan kenyamanan. Dimensi Alphard baru kini punya panjang 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm.

Artinya, All New Alphard lebih panjang 50 mm dan lebih rendah 10 mm dari pendahulunya. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kestabilan manuver dan kabin yang lebih lega untuk para penumpang.

Adapun Maxus Mifa 9, mobil listrik ini sudah diperkenalkan dan dipasarkan terlebih dulu di Thailand, sejak Mei 2023.

Baca juga: Nissan Serena e-Power dan Toyota Voxy, Perang MPV Pintu Geser

MPV Premium listrik terbaru asal China, Maxus Mifa 9Maxus MPV Premium listrik terbaru asal China, Maxus Mifa 9

Bentuk lampu depan belakang terbilang agresif, dengan bentuk gril ala mobil performa tinggi. Tampilannya menarik karena jadi menggabungkan mobil MPV yang punya citra elegan tapi juga punya performa tinggi.

Detail menarik dari desain eksterior Maxus Mifa 9 ialah bentuk gagang pintu yang seakan menyambung dari pintu depan dan tengah.

Dimensi Maxus Mifa 9 lebih besar dari Alphard. Rinciannya memiliki panjang 5.270 mm, lebar, 2.000 mm, tinggi 1.840 mm, serta wheelbase 3.200 mm. Mifa 9 juga sudah memiliki predikat bintang 5 untuk standar keamanan Euro NCAP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com