Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Berencana Melengkapi Fitur ADAS pada XForce

Kompas.com - 13/08/2023, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Baru-baru ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Mitsubishi XForce, tepatnya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Mobil ini memiliki beberapa keunggulan untuk menjawab persaingan dari beberapa rivalnya, salah satunya adalah Honda HR-V.

Kendati demikian, XForce hadir dengan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang kurang lengkap. Padahal, pesaing terkuatnya seperti Honda HR-V sudah dibekali fitur keselamatan canggih, yakni Honda Sensing.

Baca juga: Pertama Kali di Indonesia, Honda Pamerkan Mobil Konsep SUV e:Prototype

Masahiro Ito Chief Product Specialist Mitsubishi Motors mengatakan, untuk saat ini Mitsubishi XForce memang belum memiliki fitur ADAS yang lengkap.

“Mungkin sekarang memang belum (lengkap). Tetapi kami sudah ada sedikit fitur ADAS, seperti Blind Sport Warning, dan Rear Cross Traffic Alert. Ke depannya ADAS yang lengkap seperti cruise control, FCM, bisa ditambahkan,” ucap Masahiro Hito, Jumat (11/8/2023).

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023

Kendati demikian, Masahiro melanjutkan, ada fitur yang saat ini sudah disematkan pada XForce sama pengaruhnya dengan ADAS, yakni empat mode berkendara yang sudah disesuaikan dengan jalan yang ada di Indonesia, yakni Normal, Wet, Gravel, dan Mud.

“Kami memiliki 4 mode berkendara, itu adalah salah satu dari ADAS Mitsubishi, memang bukan secara tipikal tapi juga memberi keselamatan dan safety kepada pengemudi,” ucap Masahiro Hito.

Baca juga: Promo Daihatsu di GIIAS 2023, Diskon Servis sampai 50 Persen

Sebagai informasi, Mitsubishi XForce sudah dibekali dengan empat mode berkendara yang sudah disesuaikan dengan jalan yang ada di Indonesia, yakni Normal, Wet, Gravel, dan Mud.

Mode Wet khusus diperkenalkan Mitsubishi untuk pertama kalinya pada XForce, dikembangkan untuk pelanggan yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi seperti di kawasan ASEAN.

Sementara untuk fitur keselamatan XForce dilengkapi dengan 4 airbags (driver, passenger dan side airbags), serta beberapa fitur ADAS, seperti Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com