Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Toyota Alphard Mampu Bikin Penumpang Tambah Betah

Kompas.com - 12/08/2023, 11:12 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota resmi meluncurkan All New Alphard di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mobil MPV mewah asal Jepang itu hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu bensin dan hybrid.

Toyota menyebut generasi terbaru Alphard mendapatkan beragam inovasi sehingga tidak hanya memberikan kenyamanan berkendara terbaik namun juga memperkuat posisinya di segmen luxury vehicle yang eksklusif.

Baca juga: Segera Buka Pabrik di Indonesia, GWM Fokus di Kendaraan Elektrifikasi

Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang mewah setara Premium Luxury Sedan, bahkan melampauinya dengan meningkatkan nilai yang hanya dimiliki oleh MPV mewah.

Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang high quality setara Premium Luxury Sedan, bahkan melampauinya dengan meningkatkan value yang hanya dimiliki oleh MPV mewah.Dok. Toyota Astra Motor Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang high quality setara Premium Luxury Sedan, bahkan melampauinya dengan meningkatkan value yang hanya dimiliki oleh MPV mewah.

Dari segi tampilan, terlihat ada perbedaan All New Alphard pada fasia yang terkesan jadi lebih besar dan gagah. Bentuk gril ini sudah dikembangkan Toyota sejak model sebelumnya, tapi kini jadi terkesan lebih segar.

Beralih ke samping, terlihat tarikan garis desain bodi yang dinamis. Meski bodi mengotak tapi bentuk lampu belakang dapat menyesuaikan dan membuat kesan mobil menjadi makin lebar dan gagah.

Kunci pengembangan Alphard baru pada dasarnya yaitu meningkatkan kenyamanan. Dimensi Alphard baru kini punya panjang 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm.

Baca juga: Populasi Daihatsu Xenia Sudah Tembus 700.000 Unit di Indonesia

Artinya, All New Alphard lebih panjang 50 mm dan lebih rendah 10 mm dari pendahulunya. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kestabilan manuver dan kabin yang lebih lega untuk para penumpang.

salah satu daya tarik utama Toyota Alphard sejak pertama hadir di Tanah Air yakni dari segi desain luar yang atraktif untuk sebuah big MPV. Meski mengusung desain kotak, tidak membuat Toyota Alphard kehilangan karisma. Sebaliknya, mempertegas status sosial pemiliknya. 
Dok. Toyota Astra Motor salah satu daya tarik utama Toyota Alphard sejak pertama hadir di Tanah Air yakni dari segi desain luar yang atraktif untuk sebuah big MPV. Meski mengusung desain kotak, tidak membuat Toyota Alphard kehilangan karisma. Sebaliknya, mempertegas status sosial pemiliknya.

Jarak sandaran seluruh baris bangku kini 2.205 mm dari sebelumnya 2.195 mm, sehingga menambah ruang kaki penumpang, di mana jarak sandaran bangku baris ke-1 dan ke-2 mencapai 1.315 mm dari sebelumnya 1.310 mm.

Kemudian bangku tengah dapat digeser 500 mm untuk memberikan kebebasan mengatur posisi duduk penumpang. Celah antara executive power seat kiri dan kanan juga ditingkatkan menjadi 175 mm untuk memudahkan akses ke bangku belakang.

Kenyamanan di bangku penumpang juga didukung oleh penggunaan rangka Toyota New Global Architecture (TNGA). Tujuannya ialah pengurangan noise vibration harsh (NVH) yang tinggi.

Aplikasi peredam kejut yang secara mekanis menyesuaikan gaya redam dari jalan dan dapat menyerap getaran kecil yang tidak diinginkan dari permukaan jalan. Atensi pada detail yang kompleks ini sanggup meredam getaran sekitar 30 persen dibandingkan pendahulunya.

Baca juga: Ban Khusus buat Wuling Air ev dari GT Radial

Generasi terbaru Toyota Alphard dan Vellfire resmi meluncurDok. Toyota Generasi terbaru Toyota Alphard dan Vellfire resmi meluncur

All New Alphard menggunakan ban low noise dan menambah bahan peredam suara di kap mesin untuk mengurangi bising. Toyota juga mengoptimalkan bentuk kap mesin, kaca spion, dan pilar A, serta penambahan sirip di beberapa sudut supaya angin dapat mengalir dengan mulus.

Baca juga: TKDN Seres E1 Masih Rancu, Sokonindo Yakin Bisa Tembus 50 Persen

Dengan menekan kebisingan sebaik mungkin dan menetapkan frekuensi gelombang suara yang seimbang, interior MPV ini menjanjikan ketenangan yang luar biasa.

Gerakan naik-turun yang terjadi pada roda depan dan belakang ketika melewati jalan pegunungan, ditekan dengan Body Pitching Control sehingga gerakan mobil lebih tenang dan halus.

Alphard baru juga dibekali fitur S-VSC (Side-Vehicle Stability Control) yang dapat mengatasi terpaan angin kencang dari samping mobil (crosswind) dengan mengaplikasikan rem depan-belakang yang berbeda di sisi yang terkena angin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com