Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana Jajal Mitsubishi XForce Ultimate [Video]

Kompas.com - 12/08/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Setelah sempat membahas luar dalam secara statis, akhirnya redaksi mendapat kesempatan merasakan langsung mengendarai Mitsubishi XForce yang jadi pemain baru di segmen SUV ringkas.

Meski singkat karena pada area test drive GIIAS 2023, namun setidaknya sedikit menjawab rasa penasaran soal sensasi mengendarai SUV yang jadi penantang Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Unit yang redaksi gunakan merupakan varian tertingi, yakni XForce Ultimate yang dijual sebesar Rp 412,9 juta on the road Jakarta.

Baca juga: Daihatsu Luncurkan Xenia Edisi Terbatas, Cuma 20 Unit

Seperti diketahui dari platform, mesin, dan transmisi, Mitsubishi XForce menggunakan milik Xpander. Alasannya diklaim karena untuk pasar ASEAN reputasinya sudah teruji dan cukup baik.

Dengan mesin berkapasitas 1.499 cc, berdasarkan data XForce memiliki tenaga sebesar 77 kW atau 103,2 Tk.

Sedangkan untuk torsi mencapai 141 Nm pada 4.000 rpm, tak heran bila putaran bawahnya masih terasa responsif.

Perpindahan gigi dari transmisi CVT yang digunakan cukup halus. Demikian juga untuk kemudi yang ringan dan persisi, membuat XForce terasa nyaman dikendarai, plus ditambah radius putar yang kecil.

Baca juga: Melihat Pesaing All New Honda CR-V Hybrid, Siapa Paling Sepadan?

Secara singkat, memang dari pengujian performa mesin tidak begitu maksimal karena keterbatasan tempat. Apalagi untuk merasakan empat mode berkendara yang disediakan.

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023

Namun soal impresi handling yang dihadirkan memang cukup menggoda, apalagi Mitsubishi sudah menyematkan teknologi Active Yaw Control (AYC) guna menunjang stabilitas ketika bermanuver.

Untuk pengetesan lengkap terkait performa mesin, fitur, serta konsumsi bahan bakar, akan redaksi ulas lagi lebih detail saat sudah mendapatkan unit test drive-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com