Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komjen Fadil Imran Perbaiki Honda GL 100 buat Diajak Jalan-jalan Sore

Kompas.com - 11/08/2023, 12:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Mohammad Fadil Imran mengajak para penggemar sepeda motor klasik untuk jalan-jalan sore menggunakan motor tersayang.

Ajakan tersebut disiarkan dalam akun Kabarhankam di media sosial TikTok, usai Honda GL 100 yang pernah dipakai Fadil Imran saat muda selesai dipugar di salah satu bengkel restorasi di daerah Kebayoran lama, Jakarta.

Baca juga: Pakai Mesin Diesel dan Bensin, Toyota Rangga Calon Angkot Masa Depan

"Sore ini saya berada di MRN Motoart (Classic), bersama Mas Muryono pemilik bengkel, saya menjenguk Honda GL Sarah (Saksi Sejarah) yang selesai direstorasi dengan hasil yang cukup maksimal," kata Fadil Imran di video dikutip Jumat, (11/8/2023).

@kabaharkam

GL Sarah (Saksi Sejarah) sudah direstorasi ? Setuju kalau kita kumpul bareng? ???? Kumpul GL dan motor klasik lainnya. Kira-kira kapan? Jawab di komentar ya Salam, FI

? original sound - Kabaharkam Polri

"Saya ingin mengajak teman-teman untuk jalan-jalan santai di sore hari, setuju engga? Kalau setuju kapan kasih komen di bawah," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Fadil Imran ingin merestorasi Honda GL 100 yang pernah dipakainya saat menjadi pengasuh di Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1994-1996.

Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut menjelaskan bahwa motor itu pernah menjadi momok para taruna Akpol. Bahkan baru mendengar suara mesinnya saja para Taruna sudah berbaris rapi.

Baca juga: Indonesia Bebaskan Pajak Impor Mobil Listrik, Tapi Wajib Punya Pabrik

Cerita Komjen Pol Muhammad Fadil Imran saat pakai Honda GL 100 di Akpol
Instagram/Kabaharkam Cerita Komjen Pol Muhammad Fadil Imran saat pakai Honda GL 100 di Akpol

Motor ini adalah motor yang penuh kenangan dan sangat berkesan. Saya menggunakan motor ini tahun 1994-1996 jadi pengasuh di Akpol,” kata Fadil.

Sekilas mengenai GL 100, motor ini merupakan salah satu leluhur dari motor sport Honda, sebelum diciptakannya Honda Tiger dan Honda Megapro. Penggemarnya pun pada saat itu cukup banyak lantaran motor memiliki tenaga yang cukup besar di kelasnya.

Honda GL pertama kali muncul di ranah otomotif Tanah Air pada 1979. Motor ini hadir sebagai pendamping dari CB Series. Karena hal itu, GL 100 generasi pertama bisa dibilang penerus CB100 K5.

Baca juga: Toyota GR Corolla Buka Selubung di GIIAS 2023

Honda GL 100 - 125Tiktok.com/ngangenin_95 Honda GL 100 - 125

Bedanya ialah bentuk bodi alias tangki GL100 lebih besar ala "belimbing." Motor juga sudah memakai pengereman cakram di depan dan speedometer model gendang, yang saat itu terlihat lebih modern.

GL 100 punya dua tipe atau dua kapasitas mesin yang berbeda yakni 100 cc dan 125 cc dan diklaim memiliki daya sebesar 12 Tk untuk versi 100 cc.

Mesin yang digunakan mirip dengan CB 100, karena masih pakai pengapian platina baru generasi terakhir menggunakan CDI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com