Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Mesin Diesel dan Bensin, Toyota Rangga Calon Angkot Masa Depan

Kompas.com - 11/08/2023, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Pada booth Toyota yang berlokasi di Hall 3E ICE BSD, Tangerang, Banten, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan mobil niaga pikap terbaru, berlabel Rangga Concept.

Bukan sekadar pikap, Toyota Rangga pada dasarnya ditawarkan dalam wujud sasis. Artinya, lewat perusahaan karoseri bisa dikreasikan menjadi berbagai macam produk kendaraan niaga, seperti mobil kafe sampai ambulans.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, mengatakan, Rangga hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Resmi Dibuka, Simak Harga Tiket Masuk GIIAS 2023

Ilustrasi Toyota Rangga ConceptKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Toyota Rangga Concept

“Model ini tidak kita jual hanya sebagai pikap, tapi juga akan ada sasis only atau kosongan. Harapannya kosongan ini tergantung kebutuhan masyarakat, ada yang campervan, angkut galon, (angkot) bisa juga,” ujar Anton di Tangerang (10/8/2023).

“Jadi sudah ada total 3 yang kita karoseri, pertama mobil servis, mobil kafe, dan ambulans. Kalau dilihat dari gambar (presentasi) itu, ada banyak ide lain,” kata dia.

Anton juga mengatakan, Rangga dibangun di atas platform IMV (International Multi-purpose Vehicle). Oleh sebab itu, perihal sasis, mesin, hingga transmisinya juga mengikuti platform tersebut.

Baca juga: Pertegas Visi Elektrifikasi, Lexus Hadirkan The All New Lexus LM di GIIAS 2023

“Jadi kita kan terkenal dengan IMV line up, termasuk Kijang Innova Reborn, Fortuner juga, Hilux juga. Nah model ini menjadi salah satu dari IMV, jadi menggunakan platform, engine, dan transmisi yang similar. Jadi ada diesel, ada bensin,” ucap Anton.

“Jadi saya rasa cukup tangguh, sekarang tinggal membuat bagaimana harganya lebih kompetitif dari harga sebelumnya,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com