Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Volvo yang Dijual di Indonesia CBU Malaysia

Kompas.com - 11/08/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Walaupun sudah kembali ke Indonesia, untuk saat ini, Volvo Cars masih berfokus pada penjualan dan pendistribusian, bukan produksi dan assembly.

Pasalnya, semua mobil Volvo yang dipasarkan di Indonesia merupakan unit completely built up (CBU) asal Malaysia, mulai dari yang berjenis mesin (ICE), hybrid (HEV), hingga listrik (BEV).

Hal itu sebagaimana diungkapkan Keith Gosta Schafer, Head of Op Asia Pacific Volvo Cars. Dia menjelaskan jika untuk saat ini, produksi mobil Volvo untuk kawasan Asia Tenggara dan Taiwan masih dipusatkan di Malaysia.

Baca juga: MFTBC Berkomitmen Meminimalisir Pencemaran Udara Lewat eCanter

Volvo Cars kembali hadir di Indonesia, Fokus pada mobil listrik
Kompas.com/Daafa Alhaqqy Volvo Cars kembali hadir di Indonesia, Fokus pada mobil listrik

“Basis produksi untuk wilayah ASEAN dan Taiwan kami fokuskan di pabrik utama di Selangor (Malaysia), termasuk Indonesia, untuk saat ini,” ujarnya saat berbincang dengan Kompas.com di GIIAS, Kamis (10/8/2023).

Kendati demikian, Volvo yang kini ada di bawah panji PT Leading Vision Otomotif (LVO), mengaku jika strateginya berbeda dengan merek lain, dan dianggap lebih unggul.

Haryanto Djayaputra, General Manager Volvo Cars Indonesia (VCI) mengatakan, Volvo tidak akan membatasi jumlah impor unit CBU. Hal itu bertujuan untuk mencegah inden yang terlalu lama.

“Jadi memang kami tidak membatasi unit CBU yang datang, semuanya tergantung jumlah pesanan konsumen yang masuk,” ujarnya.

Baca juga: World Premiere Mobil Listrik Daihatsu Vizion-F, Kapan Dijual?

Volvo Cars Indonesia memperkenalkan C40 Pure Electric di GIIAS 2023Kompas.com/Fathan Volvo Cars Indonesia memperkenalkan C40 Pure Electric di GIIAS 2023

Terkait target dalam waktu dekat, Volvo mengaku hendak memperbanyak jumlah diler terlebih dahulu, agar layanan purna jual bisa lebih terjamin dan tentunya, jauh lebih menguntungkan konsumen.

Sejauh ini, VCI baru memiliki satu diler yang mulai beroperasi sejak Juli 2023, berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat.

“Kami (VCI) tidak mau tergesa-gesa dalam bertindak. Sesuai visi volvo, kami ingin memastikan perencanaan yang matang terlebih dahulu, barulah menentukan keputusan selanjutnya. Termasuk dalam hal penambahan diler ini,” ujar Haryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com