Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GIIAS 2023 Resmi Dibuka, Airlangga Harap Transaksi Lebih Besar

Kompas.com - 10/08/2023, 09:49 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 resmi dibuka hari ini, Kamis (10/8/2023).

Berlangsung hingga 20 Agustus 2023 di Indonesia Convention Center (ICE) BSD, Tangerang, gelaran diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto.

"Sektor manufaktur Indonesia saat ini tengah bergerak positif sebagai kontributor terbesar tehadap ekonomi nasional. Kemudian diikuti perdagangan yang isinya semua dari otomotif," kata Airlangga dalam seremoni pembukaan GIIAS.

Oleh karenanya, industri otomotif perlu didorong. Airlangga pun mengapresiasi pergelaran GIIAS 2023 yang kerap menjadi tonggak perumbuhan otomorif nasional.

Baca juga: Menanti Toyota Alphard dan GR Corolla di GIIAS 2023

Toyota Rangga GIIAS 2023KOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota Rangga GIIAS 2023

"Saya baru mendengar otomotif itu akan banyak yang masuk ke indonesia. Saya nanti akan lihat langsung," ucap Airlangga.

"Sebab saat ini secara unitnya masih sedikit walaupun sudah ada beragam kebijakan dan baru saja dikalibrasi lewat insentif," kata dia lagi.

Dalam penghujung pembukaan GIIAS 2023, ia pun berharap jumlah transaksi selama pameran bisa lebih besar dari tahun lalu.

"Tahun lalu sampai Rp 14.3 triliun transaksinya dengan unit terjual 25.000 unit lebih. Tahun ini harusnya lebih karena slogannya saja 'The Future is Now'," ucap Airlangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com