Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Toyota Alphard dan GR Corolla di GIIAS 2023

Kompas.com - 10/08/2023, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota akan ikut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Merek asal Jepang tersebut akan meluncurkan dua produk baru yaitu Toyota Alphard dan GR Corolla.

Sinyal bahwa Toyota akan membawa generasi terbaru Alphard di Indonesia dapat disimpulkan dari beberapa faktor. Salah satu yang paling kuat ialah baru-baru ini tertangkap kamera sudah mendarat di Indonesia.

Baca juga: Sosok Omoda Versi Listrik yang Siap Ramaikan GIIAS 2023

MPV mewah Toyota itu juga terpantau sudah terdaftar di Indonesia, tepatnya ada di dalam Pangkalan Data Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI pada awal Juli 2023.

Alphard generasi baru telah terdaftar di Berita Resmi Desain Industri Nomor 29/DI/2023 yang diumumkan pada 7 Juli 2023 itu. Tertulis nama dan alamat pemohon desain tersebut adalah Toyota Shatai Kabushiki Kaisha yang beralamat di Kanayama Ichiriyama-cho, Kariya-shi, Aichi, Jepang.
pdki-indonesia.dgip.go.id Alphard generasi baru telah terdaftar di Berita Resmi Desain Industri Nomor 29/DI/2023 yang diumumkan pada 7 Juli 2023 itu. Tertulis nama dan alamat pemohon desain tersebut adalah Toyota Shatai Kabushiki Kaisha yang beralamat di Kanayama Ichiriyama-cho, Kariya-shi, Aichi, Jepang.

 

Alphard generasi baru telah terdaftar di Berita Resmi Desain Industri Nomor 29/DI/2023 . Tertulis nama dan alamat pemohon desain tersebut adalah Toyota Shatai Kabushiki Kaisha yang beralamat di Kanayama Ichiriyama-cho, Kariya-shi, Aichi, Jepang.

Sinyal lain datang dari Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, yang pernah berujar bahwa akan ada MPV baru di GIIAS 2023.

Meski tidak menyebutkan model apa yang akan dihadirkan, namun kuat dugaan bawa mobil tersebut adalah Alphard generasi terbaru.

Baca juga: Mau Ganti Lampu LED, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

GR Corolla Circuit EditionDoc Carscoops GR Corolla Circuit Edition

Kabarnya mobil tersebut juga akan memiliki varian Modellista, yang memilih tambahan aksesori seperti bodykit. Varian Modellista juga sudah disematkan pada Toyota Innova Zenix yang belum lama ini diluncurkan di Indonesia.

“Nanti akan ada Modellista-Modellista yang lain, MPV-MPV yang lain,” kata Anton kala itu.

Kemudian selain Alphard, Toyota pernah memberi bocoran akan meluncurkan hot hatch GR Corolla di GIIAS 2023.

Secara spesifikasi, GR Corolla termasuk mobil berperforma tinggi. Pengembangannya mengusung konsep mobil balap, tapi tetap dijual massal. Dengan kata lain, ini adalah mobil jalan raya dengan kemampuan mobil balap.

Baca juga: Impresi Berkendara dan Mengecas Motor Listrik Yadea E8S Pro

GR Corolla Circuit EditionDoc Carscoops GR Corolla Circuit Edition

GR Corolla dibekali mesin turbo intercooler 3-silinder segaris 1.600 cc yang sama dengan milik GR Yaris dengan tenaga maksimum tembus 299,8 tk pada 6.500 rpm. Bandingkan dengan GR Yaris yang hanya menghasilkan 268 tk pada 6.500 rpm.

Kemudian untuk torsi, mesin GR Corolla dapat menghasilkan 370 Nm pada rentang 3.000 rpm-5.550 rpm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke semua roda melalui transmisi manual 6-percepatan.

Mobil mengadopsi teknologi GR-Four 4WD yang juga digunakan pada GR Yaris. Sistem ini menggunakan electronic multi-plate clutch untuk memberikan gaya penggerak depan dan belakang yang bervariasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com