Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Bakal Perbanyak Komponen Lokal di Kendaraan Elektrifikasi

Kompas.com - 08/08/2023, 09:31 WIB
Aditya Maulana

Editor

KARAWANG, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah memproduksi dua model kendaraan elektrifikasi, yaitu Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross Hybrid di pabrik yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Rencana ke depan tidak hanya menambah model yang diproduksi, tetapi juga akan menambah volume tingkat komponen dalam negeri (TKDN) agar kendaraan elektrifikasi Toyota memiliki kandungan lokal yang tinggi.

Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto mengatakan, sejauh ini sedang melihat potensi para supplier untuk bisa memproduksi komponen, khususnya inti dari kendaraan listrik agar bisa diproduksi di Indonesia.

Baca juga: Intip Proses Produksi Toyota Yaris Cross Hybrid di Pabrik TMMIN

"Karena terus terang beberapa supplier yang tadinya loading-nya besar karena real wheel drive dan sekarang menjadi front drive jadi terpengaruh. Kami bicara ke supplier bukan cuma sekadar kebutuhan suplai-demand, tapi kita akan kembangkan,” kata Nandi di Karawang, Senin (7/8/2023).

Produksi Toyota Yaris Cross di pabrik TMMIN                 dok.TMMIN Produksi Toyota Yaris Cross di pabrik TMMIN

Senada dengan Nandi, Wakil Presiden TMMIN Bob Azam juga mengatakan, bahwa peningkatkan TKDN tentunya begitu erat hubungannya dengan kelancaran produksi di pabrik TMMIN, bahkan menjadi strategi perusahaan untuk meningkatkan daya saing.

"Jadi intinya jika permintaan pasar akan produk semakin tinggi, maka semakin besar juga peluang untuk memiliki komponen lokal yang banyak," ujar Bob di tempat sama.

Sebagai informasi, kandungan lokal model elektrifikasi yang diproduksi TMMIN seperti Kijang Innova Zenix hybrid memiliki TKDN 65 persen dan Yaris Cross Hybrid mencapai 80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com