Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Audio Mobil, Tidak Selalu Harus Mahal

Kompas.com - 06/08/2023, 12:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bentuk modifikasi pada kendaraan adalah dengan mengubah sistem hiburannya. Seperti mengganti speaker, head unit sampai menambah subwoofer kerap dilakukan oleh para pencinta modifikasi audio untuk mendapatkan suara berkualitas.

Kendati demikian, untuk mendapatkan suara yang berkualitas tidak selalu harus menambah perangkat audio dengan harga yang mahal.

Salah satu bengkel spesialis audio mobil Elixir Car Stereo, yang berlokasi di Jalan Arjuna Selatan No 39 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dikenal bisa meracik audio mobil bawaan layaknya modifikasi advance.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Harus Pilih Motor Listrik Jenis Baterai Swap

Utanto Wibowo, punggawa sekaligus tuner dari Elixir Car Stereo menjelaskan, Elixir Car Stereo memiliki prinsip modifikasi audio sederhana dan tepat guna.

“Banyak anggapan bahwa car audi itu toko yang menjual perangkat head unit, itu betul, tapi Elixir beda penangannya. Ibarat ke dokter, tidak selalu dikasih antibiotik, pasti ditanya dulu keluhannya apa,” ucap pria yang akrab disapa Yung Yung, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Barat, Sabtu (5/8/2023).

Emir Fajri, CO Founder sekaligus Product Spesialist Elixir Car Stereo bersama Utanto Wibowo, punggawa sekaligus tuner dari Elixir Car StereoKompas.com/Nanda Emir Fajri, CO Founder sekaligus Product Spesialist Elixir Car Stereo bersama Utanto Wibowo, punggawa sekaligus tuner dari Elixir Car Stereo

“Begitu pun audio, butuhnya apa, goals nya seperti apa. Itu yang utama. Contoh, saya ada mobil baru kok suaranya tidak nyaman, cempreng, bass-nya kurang. Nah, dari bass kurang itu nanti kami yang diagnosa. Kami scan butuh bass-nya seberapa, karena selera orang kan berbeda-beda,” lanjutnya.

Maka dari itu, Utanto mengatakan, sentuhan audio yang dilakukan harus tepat sesuai kebutuhan dan keinginan si pemilik dengan mengoptimalkan perangkat OEM (Original Equipment Manufacturing) terlebih dahulu ditambahkan perangkat Digital Signal Processor (DSP).

Sederhananya, processor tersebut berfungsi untuk tuning atau mengelola suara. Dengan begitu suara yang dikeluarkan dari speaker bisa maksimal di dengar oleh pemilik kendaraan.

Penyetelan dilakukan lewat aplikasi di laptop atau handphone. Bahkan beberapa processor sudah dilengkapi dengan bluetooth. Sehingga playback lagu lewat telepon genggam, tidak lewat head unit.

“Kami melakukan scan dengan uji coba di mobil, dengar sama-sama (dengan konsumen). Misal, bass segini sudah lebih dari cukup, berarti tidak butuh subwoofer. Jadi Elixir ini mau menegaskan butuhnya yang mana. Jangan sampai pasang subwoofer, ampli atau lain-lain padahal yang dibutuhkan bukan itu,” kata Utanto.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Audio Mobil Jakarta (@elixir_jakarta)

Saat tim redaksi berkunjung ke Elixir Car Stereo, etalase perangkat audio yang terpampang juga tidak banyak. Sebab, fokus utama Elixir Car Stereo lebih kepada konsultasi audio mobil, bukan menjual produk. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Emir Fajri, CO Founder sekaligus Product Specialist Elixir Car Stereo.

“Kami fokusnya di jasa, jadi konsumen yang mau tuning juga tidak harus beli produk di kita. Mau bawa barang sendiri boleh, sudah dipasang tinggal tuning juga boleh,” ucap Emir.

Emir melanjutkan, menyoal harga tuning audio dibedakan berdasarkan tahapan yang dipilih oleh konsumen.

“Kalau di elixir untuk tuning ada dua tahap. Kalau basic per chanel Rp 500.000, kalau advance per chanel Rp 1 juta. Idealnya mobil kalau Toyota Alphard atau Fortuner yang standar speakernya cuma depan sama tengah itu 4 chanel. Jadi kalau basic Rp 2 juta, advance Rp 4 juta,” kata Emir.

audio mobil - Elixir Car StereoKompas.com/Nanda audio mobil - Elixir Car Stereo

Namun, jika konsumen ingin menambah subwoofer harus mengeluarkan dana yang lebih besar.

“Kalau pasang subwoofer, tambah lagi 2 channel jadi total 6 chanel tuning. Harganya Rp 3 juta advance Rp 6 juta. Itu belum sama alat (processor). Kalau sama alat processor, entry level nya mulai dari Rp 7,7 juta. Kalau yang paling mahal (Ultra) bisa Rp 19 juta sampai Rp 20 juta,” ucap Emir.

Baca juga: Strategi United Luaskan Jaringan Penjualan Motor Listrik

Sementara untuk proses tuning terbilang cukup singkat, yakni hanya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com