Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Harga Motor Listrik Subsidi di Bawah Rp 10 Juta

Kompas.com - 06/08/2023, 12:21 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


SOLO,KOMPAS.com - Industri sepeda motor listrik di Indonesia berkembang cukup pesat, hal ini menjadi salah satu bagian penting dari upaya Pemerintah dalam menghadapi isu lingkungan yang lebih bersih.

Pemerintah Indonesia telah memberikan beberapa bentuk subsidi dan insentif untuk mendorong adopsi kendaraan listrik, termasuk motor listrik.

Syarat subsidi pembelian motor listrik juga sederhana, hanya menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca juga: Ada Subsidi, Modal Rp 1 Jutaan Bisa Dapat Motor Listrik Ini

Ilustrasi diler motor listrik Selis di daerah Bekasi, Jawa Barat.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi diler motor listrik Selis di daerah Bekasi, Jawa Barat.

Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen), penerima subsidi motor listrik adalah penerima manfaat kredit usaha rakyat (KUR), bantuan produktif usaha mikro, bantuan subsidi upah, dan penerima subsidi listrik hingga 900 VA.

Subsidi yang diberikan pemerintah untuk pembelian motor listrik ini merupakan bagian dari upaya untuk mendorong adopsi kendaraan listrik dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Terdapat beberapa motor listrik yang mendapat subsidi, bahkan salah satu produsen motor listrik mengklaim konsumen hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp 1 jutaan saja.

Baca juga: Motor Listrik Bekas Masih Sepi Peminat

Motor listrik U-Winfly Love Summer dijual Rp 8 jutaan di pasaran.Tangkapan layar Motor listrik U-Winfly Love Summer dijual Rp 8 jutaan di pasaran.

Rudi, Teknisi U-Winfly mengatakan, pihaknya menyediakan motor listrik murah dengan subsidi pemerintah yang diminati masyarakat.

"U-Winfly Love Summer, bisa dibeli dengan menyiapkan Rp 1 jutaan sisanya ditutup dengan subsidi pemerintah sebanyak Rp 7 juta," ungkap Rudi kepada Kompas.com, Sabtu (5/8/2023).

Perlu diketahui, daftar penerima subsidi motor listrik mengalami pertumbuhan yang signifikan, sejak program subsidi berlaku pada 20 Maret 2023.

Motor listrik dengan harga dibawah Rp 10 jutaan, saat ini mungkin sulit ditemukan karena teknologi kendaraan listrik masih dalam tahap perkembangan dan biaya produksi motor listrik relatif tinggi.

Namun, kendati demikian ada beberapa merek motor listrik yang dijual dengan harga di bawah Rp 10 jutaan, yang dapat menjadi pilihan menarik bagi sebagian konsumen yang mencari alternatif hemat biaya dan ramah lingkungan.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Harus Pilih Motor Listrik Jenis Baterai Swap

Berikut ini daftar motor listrik subsidi dengan harga di bawah Rp 10 jutaan.

Greentech

1. Greentech VP Rp 9.799.000

2. Greentech Scood Rp 9.579.000

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com