Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembunyi di Antara Kasur, Begini Modus Pengiriman Motor Curian

Kompas.com - 05/08/2023, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencurian sepeda motor (curanmor) belakangan ini semakin meresahkan, khususnya di daerah Jakarta Barat. Belum lama ini, Polsek Tambora berhasil menangkap pelaku yang membawa motor curian dengan kamuflase.

Barang bukti tersebut terlihat dalam video yang diunggah akun Tiktok @putrapratama0716, yang merupakan Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama.

Baca juga: Pengakuan Pelaku Curanmor, Mudahnya Bobol Kunci Magnet Honda Beat

Dalam video tersebut, terlihat pelaku curanmor mengangkut motor curian menggunakan truk. Motor curian ditutup dengan kasur. Sehingga, terlihat truk tersebut hanya mengantarkan kasur.

@putrapratama0716

Sabtu, 5 Agustus 2023 Polsek Tambora kembali menangkap pelaku Curanmor. Motor akan diangkut ke Lampung dengan cara disembunyikan dalam tumpukan kasur. Pelan pelan Pak Sopir, jangan bawa motor hasil kejahatan Pak, ada Polsek Tambora

? Pelan Pelan Pak Supir - DJ Chen

"Sabtu, 5 Agustus 2023 Polsek Tambora kembali berhasil menangkap pelaku Curanmor. Satu unit mobil berhasil ditangkap membawa motor curian yang disembunyikan di dalam tumpukan kasur," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Dalam keterangan itu, disebutkan juga bahwa terdapat empat unit motor yang berhasil disita, yakni Honda BeAT, Vario, Scoopy, dan Yamaha R15.

Baca juga: Tips dari Polisi buat Cegah Curanmor di Lingkungan Rumah

"Sulit sekali bisa tau apa muatan asli yang tersembunyi dari mobil-mobil seperti ini," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Motor curian ditutupi kasur dan dikirim menggunakan trukDok. @putrapratama0716 Motor curian ditutupi kasur dan dikirim menggunakan truk

Dalam unggahan lainnya, disebutkan pula bahwa motor curian ini rencananya akan diangkut ke Lampung. Beberapa waktu lalu,Polsek Tambora juga sudah menangkap beberapa pelaku curanmor dari jaringan Lampung.

Sebelumnya, Putra mengatakan, pabrikan sepeda motor juga harus melakukan upaya pencegahan curanmor. Salah satunya adalah dengan meningkatkan teknologi keamanannya.

@putrapratama0716

4 Motor Curanmor berhasil disita Polsek Tambora dari mobil pengangkut tujuan Lampung. Motor dikamuflase atau disembunyikan dalam Tumpukan Kasur. Rapi sekali para pelaku menyusunnya

? original sound - Putrapratama2008

"Mereka wajib memperbaiki fitur keamanan sepeda motor yang mereka produksi dan jual ke masyarakat," ujar Putra, dalam keterangan resminya.

Menurutnya, produsen sepeda motor harus terus melakukan perbaikan setiap kali ditemukan adanya kelemahan oleh para penjahat atau pelaku curanmor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com