Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Berkendara Bersama Lexus RZ 450e di Jalur Jakarta-Bekasi

Kompas.com - 03/08/2023, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemewahan Lexus RZ 450e tidak hanya terhenti pada sektor desain dan fitur-fitur yang disematkan. Meski secara bodi cukup besar, ternyata mobil ini juga mampu membawa pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Perasaan tersebut terbukti ketika redaksi Kompas.com mencoba kendaraan listrik futuristik berharga Rp 2 miliar ini melintas di jalur perkotaan selama tiga hari saat jam sibuk atau sekitar pukul 15.30 WIB.

Perjalanan rata-rata ditempuh dalam waktu dua jam dari Jakarta menuju kawasan Bekasi, Jawa Barat. Sehingga cukup menggambarkan ketika mobil akan digunakan sehari-hari.

Baca juga: Menikmati Kecanggihan Fitur Lexus RZ 450e

Lexus RZ 450eKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Lexus RZ 450e

Ketika pertama kali duduk di kursi pengemudi, hal paling kami rasakan ialah posisi berkendaranya yang nyaman. Dengan ukuran tubuh pengemudi 171 Cm dan berat 56 Kg, jok premium RZ 450e tampak seolah memeluk tubuh secara optimal.

Pemandangan kabin juga begitu memanjakan mata karena mobil menggunakan konsep Tazuna Cockpit. al ini lantas meningkatkan koneksi pengemudi dengan mobil karena sejumlah pengaturah fitur bisa diakses hanya lewat jari tangan.

Ketika pedal gas mobil diinjak, akselerasi yang spontan diberikan. Hal tersebut karena RZ 450e diberikan motor listrik ganda. Sehingga mampu menghembuskan daya maksimum 308 Tk dengan torsi 435 Nm.

Impresi semakin menyenangkan saat pedal ditekan lebih dalam lagi. Efek gaya dorongnya sangat terasa, bahkan sampai membuat rambut terasa dijambak. Padahal kala itu, mode berkendara yang dipilih hanyalah normal.

Baca juga: Modal Bikin Bisnis SPKLU Mulai Rp 500 Jutaan

Aksi manuver Lexus RZ 450e Kompas.com - Aris Harvenda Aksi manuver Lexus RZ 450e

Patut diketahui di mobil listrik Lexus ini ada banyak mode berkendara, mulai dari Normal, Sport, Eco dan Custom. Lalu terdapat salah satu pilihan khusus tersedia pada RZ adalah range mampu memaksimalkan jarak tempuh.

Sama dengan varian RX 500h F Sport+, RZ juga dibekali teknologi 4 wheel steering sehingga bisa memberikan performa pengendalian yang lebih presisi

Meski demikian, pengendalian mobil cukup mudah khususnya ketika bermanuver. Sebab mobil memiliki pengawalan ketat pada sistem kontrol traksi dan stabilitas.

Sama dengan varian RX 500h F Sport+, RZ juga dibekali teknologi 4 wheel steering sehingga bisa memberikan performa pengendalian yang lebih presisi.

Baca juga: Avanza Bekas Rental Blue Bird, Dijual mulai Rp 150 Jutaan

Memasuki jalur bebas hambatan yang cukup padat, berkendara dengan RZ 450e terbilang tidak melelahkan. Pengemudi bisa memanfaatkan cruise control adaptive yang dibarengi lane departure assist.

Sehingga mobil terasa seperti kendaraan otonom level 4. Tapi ingat, bukan berarti pengemudi bisa melepas stir ya, karena pengendalian RZ 450e masih membutuhkan peran pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com