Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Rins Resmi Pindah ke Yamaha, Singkirkan Morbidelli

Kompas.com - 02/08/2023, 18:50 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Rins resmi berlabuh ke tim Monster Energy Yamaha untuk MotoGP musim 2024. Pebalap tim satelit LCR Honda itu memutuskan kontrak lebih cepat karena ditawari tim pabrikan.

Sebelumnya, bos LCR Honda memang sudah mengonfirmasi bahwa Rins telah bernegosiasi dengan Yamaha. Namun saat itu belum ada kata resmi bahwa pebalap asal Spanyol tersebut akan membela Yamaha.

Baca juga: Mau Servis Truk, Muatan Wajib Kosong

Alex Rins saat sesi tes pra-musim MotoGP 2023 bersama tim satelit LCR HondaDok. @alexrins Alex Rins saat sesi tes pra-musim MotoGP 2023 bersama tim satelit LCR Honda

Kehadiran Rins menggusur Franco Morbidelli yang memang sejak awal musim sudah diwanti-wanti oleh Yamaha. Performa runner up MotoGP 2020 itu terus merosot sejak musim lalu karena cedera kaki.

Dilansir dari Crash.net, sebelumnya Rins beralih ke LCR Honda musim ini setelah Suzuki hengkang pada akhir 2022. Namun Rins yang meraih kemenangan di MotoGP Amerika, di Sirkuit COTA tidak nyaman di Honda.

Baca juga: Menikmati Kecanggihan Fitur Lexus RZ 450e

Usai MotoGP Amerika, finis terbaik Rins berikutnya yaitu posisi kesembilan. Saat ini pebalap berusia 27 tahun itu sedang dalam proses pemulihan diri dari patah kaki di MotoGP Mugello, Italia.

Baca juga: Tips dari Polisi buat Cegah Curanmor di Lingkungan Rumah

Alex Rins di MotoGP AmerikaTWITTER/RINS42 Alex Rins di MotoGP Amerika

Sebelumnya, kesepakatan Rins dengan LCR Honda berada di bawah kontrak HRC untuk dua musim, tetapi Rins memiliki klausul dapat membatalkan kontrak jika mendapat tawaran dari tim pabrikan lain.

Mulai musim depan, Rins akan mengendarai motor Yamaha YZR-M1 sama seperti Suzuki GSX-RR. Diprediksi Rins bisa lebih mudah beradaptasi di Yamaha ketimbang Honda yang menggunakan konfigurasi mesin V4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com