Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Perawatan Harian Truk Sebelum Berangkat

Kompas.com - 02/08/2023, 19:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


BOGOR, KOMPAS.com – Sebagai kendaraan niaga, truk juga perlu dirawat demi performa yang optimal.

Perawatan berkala pada truk sendiri dibagi menjadi dua yaitu perawatan harian dan perawatan servis. Keduanya perlu dilakukan secara berkala agar kendaraan niaga tetap berjalan mengangkut muatan dengan lancar. 

Apa saja perawatan harian yang perlu dilakukan untuk truk?

Mohamad Apandi, Service Manager PT Armindo Perkasa atau diler Hino Ciawi mengatakan, perawatan harian bisa dilakukan secara rutin oleh sopir sebelum kendaraan berjalan.

Baca juga: Awas Macet, Ada Perbaikan Jalan Tol Jagorawi Arah Jakarta

“Servis memang harus rutin sesuai dengan yang ada di buku panduan setiap unit. Sebenarnya untuk perawatan harian itu ada yang namanya pra mobil sebelum berjalan atau pemeriksaan pengecekan harian (P2H),” kata Apandi kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2023).

Pria dengan nama panggilan Pepen tersebut juga mengatakan, adapun tahapan yang tepat untuk perawatan harian truk yakni pengecekan lampu-lampu, fungsi lampu-lampu dan pedal. Kemudian perlu juga dilakukan pemeriksaan tali kabin, oli dan air radiator untuk pengecekan harian.

Jejeran truk Hino di PT Armindo Perkasa atau diler Hino Ciawi KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Jejeran truk Hino di PT Armindo Perkasa atau diler Hino Ciawi

Baca juga: Awas Macet, Ada Perbaikan Jalan Tol Jagorawi Arah Jakarta

Pepen juga menyebutkan, saat ini kalau dari pihak Hino ada pelatihan untuk sopir untuk mengedukasi. Sehingga sebelum truk jalan sopir tahu harus melakukan apa.

“Karena truk itu pakai diesel yang pakai turbo sehingga beda dengan mobil penumpang yang habis jalan harus matiin, itu tidak boleh kalau di truk atau bus, harus ada jeda dulu kalau perawatan harian,” kata Pepen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com