Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Model Double Glass Cegah Sopir Bus Silau Saat Mengemudi

Kompas.com - 01/08/2023, 15:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Tren desain bus AKAP biasanya akan berubah-ubah mengikuti zaman dan kebutuhan. Tahun ini bus dengan desain single glass atau kaca tunggal akan kembali eksis menggantikan posisi double glass yang beberapa tahun terakhir ini populer.

Oleh karena itu, beberapa bus anyar dari perusahaan otobus (PO) saat ini merilis model single glass.

Menanggapi tren tersebut, Febri salah satu sopir dari bus PO Best Premium mengatakan, dirinya lebih suka pakai model double glass karena saat berkendara jadi lebih nyaman saat siang hari.

“Kalau double glass itu ada bando yang bisa melindungi kita dari sinar matahari kalau bawa bus siang. Kalau mata silau itu akan bahaya saat berkendara, ” kata Febi kepada Kompas.com di Terminal Lebak Bulus beberapa hari yang lalu.

Baca juga: Thermostat Macet Bisa Menjadi Faktor Overheat Mesin Mobil

Menurut sopir bus trayek Jakarta – Cilacap tersebut, baik itu model double glass atau single glass memang punya keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Namun kalau dari sisi pengemudi, terik matahari itu bikin silau dan sangat mengganggu kalau mengendarai bus keberangkatan pagi. Maka dari itu, keberadaan bando yang ada di bagian kaca depan bus bisa melindungi sopir bus dari pantulan sinar matahari.

Suasana Terminal Bus AKAP Lebak BulusKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Suasana Terminal Bus AKAP Lebak Bulus

Sementara itu, bila dari sisi penumpang, model double glass memang kerap tidak disukai karena menghalangi pandangan penumpang.

“Sebenarnya tren dan model apa saja menurut saya punya keunggulan masing-masing. Tapi kalau bus dengan model double deck atau yang lebih tinggi mungkin memang lebih cocok dengan model double glass karena akan lebih kuat menopang bus,” kata Febri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com