Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Kampas Rem Jelek Bisa Bikin Piringan Cakram Mobil Tidak Rata

Kompas.com - 01/08/2023, 14:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

WONOGIRI, KOMPAS.com - Piringan cakram menjadi salah satu komponen kunci dalam sistem pengereman mobil. Hampir semua unit dibekali rem model ini untuk roda depan memperlambat laju kendaraan

Fungsi dari piringan cakram sendiri yaitu, mengubah energi kinetik menjadi energi panas untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan pergerakan mobil.

Namun, masalah pada piringan cakram dapat terjadi, seperti permukaan tidak rata. Tentunya kerusakan ini dapat mempengaruhi sistem pengereman dan dapat menggangu kenyaman berkendara.

Baca juga: Penyebab Timbul Bercak Karat pada Piringan Cakram Mobil

Disc brake mobil alias cakram rem mobil yang panas tidak boleh langsung disiram air, bisa patah dan rusakTangkapan layar YouTube @1AAuto Disc brake mobil alias cakram rem mobil yang panas tidak boleh langsung disiram air, bisa patah dan rusak

Kondisi piringan cakram yang tidak rata dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan terjadi masalah pada sistem pengereman.

Mekanik Bengkel Surya Wonogiri, Gatot, menjelaskan, piringan cakram bisa tidak rata karena beberapa alasan yang mendasari dan membuat performa pengereman berkurang.

"Piringan cakram yang tidak rata ini bisa terjadi karena menggunakan kampas yang jelek atau kualitas kampas yang buruk," ucap Gatot kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Baca juga: Ini Ciri Piringan Cakram Motor Sudah Harus Diganti

Rem mobilDicky Aditya Wijaya Rem mobil

Menurut dia, menggunakan kampas rem dengan kualitas buruk akan memberikan gesekan yang tidak baik dengan piringan cakram. Gesekan yang buruk ini bisa menyebabkan ketidakrataan pada permukaan piringan cakram.

Penggunakan (kampas) yang tidak sesuai dengan spesifikasi standar dapat berisiko menggerus piringan cakram, sehingga perlu ketelitian dalam memilih kampas rem yang berkualitas.

"Selain kampas rem yang kualitasnya buruk, masalah pada piston juga dapat menyebabkan piringan cakram tidak rata, seperti piston kaliper rem yang macet juga bisa," tutur Gatot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com