Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perbaikan Bodi Mobil yang Penyok dan Lecet

Kompas.com - 27/07/2023, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerusakan minor seperti penyok dan lecet pada bodi mobil bisa dianggap sebagai kendala yang sangat mungkin terjadi. Kecelakaan, faktor kondisi jalan, serta kejadian di luar prediksi, bisa jadi faktor penyebab utama.

Efeknya, nilai estetika dan tampilan mobil tentu menurun. Apalagi jika penyok terjadi di banyak titik, dan di area yang sangat jelas terlihat.

Menimbang proses pembenahannya cukup merepotkan, ada solusi mudah untuk menangani kendala macam itu, yakni dengan mendatangi bengkel spesialis body repair mobil.

Nehemia Tigor, pemilik bengkel spesialis body repair Gosyen Auto Garage Care (GAG Care) menjelaskan, proses servis bodi mobil tidak bisa dilakukan secara cepat.

Baca juga: Toyota Bocorkan Teaser Land Cruiser Terbaru, Meluncur Agustus 2023

Cat body mobil rusakDicky Aditya Wijaya Cat body mobil rusak

“Sebetulnya tergantung jenis kerusakannya juga, harus dilihat dulu separah apa penyok dan lecet yang terjadi di mobil. Cuma umumnya, proses memakan waktu sekitar 4 jam sampai 8 jam, untuk kerusakan minor,” ujarnya kepada Kompas.com di Tangerang, Kamis (27/7/2023).

Tigor menjelaskan, ada dua langkah penanganan yang umum dilakukan, untuk menyiasati kerusakan penyok dan lecet dalam.

Jika mobil mengalami penyok, hal pertama yang dilakukan adalah memeriksa material bodi yang digunakan, apakah berbahan pelat besi atau fiberglass.

“Kalau bahannya pelat, bisa diketok sedikit demi sedikit kemudian dihaluskan. Kalau bahan plastik fiber, kami pakai heat gun dulu, dipanaskan, baru dirapihkan,” kata dia.

Baca juga: Mazda CX-60 Utamakan Kesenangan Mengemudi Meski Berstatus Mild Hybrid

Cat mobil mengelupas karena karat dari dalamKompas.com/Erwin Setiawan Cat mobil mengelupas karena karat dari dalam

Sedangkan untuk lecet-lecet, akan dilihat dulu seberapa dalam kerusakannya. Jika terlalu lebar dan menembus lapisan dalam cat,langkah yang diambil adalah dempul.

“Setelah didempul dan dihaluskan, baru dicat ulang secara keseluruhan. Catnya juga tidak sembarangan supaya tidak belang-belang,” kata dia.

Setelah semua proses dilakukan, langkah final yang dikerjakan oleh Tigor adalah melakukan poles bodi untuk seluruh bagian mobil. Hal ini dianggap sebagai layanan bonus.

“Supaya kustomer bisa terima jadi dan rapih. Mobil sudah ganteng dan bisa dipakai,” ucapnya.

Baca juga: Merger dengan Hino, Bisnis Mitsubishi Fuso Belum Berubah

Bengkel ketok magic, Ketok Halus 2000Kompas.com/Nanda Bengkel ketok magic, Ketok Halus 2000

Terkait biaya, bengkel spesialis GAG Care mematok harga layanan per-panel mobil, misalnya pintu depan kanan, kap mobil, kap bagasi, dan selebihnya.

Biayanya berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 450.000, namun bisa disesuaikan sesuai dengan jenis mobil dan kerusakan yang dialami.

“Itu harga standar, tapi saya selalu menyarankan konsumen untuk membawa dulu mobilnya ke bengkel supaya bisa inspeksi.Boleh jadi kalau rusaknya tidak terlalu parah, harga bisa diturunkan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com