Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Bakal Upgrade Teknologi SPKLU untuk Kendaraan Listrik

Kompas.com - 25/07/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan pelayanan bagi para pengguna kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB), PLN berniat melakukan pengembangan terhadap teknologi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Secara teori, SPKLU terbaru akan dilengkapi teknologi pendinginan saat proses pengisian daya. Hal ini diklaim bisa memberikan efek baik untuk baterai kendaraan listrik.

Dika Nugraha, Head Manager PLN Jasinga Jawa Barat menjelaskan, penerapan teknologi ini sudah masuk ke meja diskusi. Implementasi diharapkan terlaksana dalam waktu dekat.

“Karena pengguna kendaraan listrik juga makin banyak, khususnya yang motor listrik. Bahkan komunitas motor listrik mulai sering mampir dan mengecas di SPKLU unit kantor layanan PLN,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (23/7/2023).

Baca juga: Kendaraan Listrik Makin Banyak, PLN Jawa Barat Berencana Tambah SPKLU

Rombongan pengguna motor listrik melakukan pengisian daya dengan charger bawaan di pos SPKLU PLNKOMPAS.com/daafa Rombongan pengguna motor listrik melakukan pengisian daya dengan charger bawaan di pos SPKLU PLN

Kendati demikian, belum ada informasi pasti perihal teknologi apa yang digunakan, di mana lokasi pengembangannya, serta kapan layanan ini akan diresmikan.

“Butuh proses, karena berkaitan juga dengan agenda elektrifikasi nasional dan harus ada komunikasi dengan lembaga-lembaga instansi terkait,” ucap Dika.

Hal itu juga dibenarkan oleh Susan Khaerani, Account Executive PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3).

Dia mengatakan, layanan pelanggan selalu menjadi prioritas PLN, khususnya untuk para pengguna kendaaraaan listrik.

Baca juga: Bawa Beban Berlebih Bisa Bikin Baterai Motor Listrik Cepat Habis

Ilustrasi mengecas motor listrik di SPKLUmotorcycle.com Ilustrasi mengecas motor listrik di SPKLU

Sejauh ini, fokus utama yang menjadi prioritas PLN adalah penambahan jumlah SPKLU, untuk mempermudah akses bagi pemilik kendaraan listrik.

“Kami (PLN) targetkan ada penambahan jumlah SPKLU secara Nasional, setidaknya sebelum memasuki tahun 2024,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (24/7/2023).

Untuk membantu realisasi hal tersebut, dia menjelaskan jika PLN juga turut menggandeng instansi terkait seperti kementerian ESDM, Dishub, Pemprov, serta beberapa pihak ketiga.

“Selalu ada diskusi rutin dengan para stakeholder (pihak ketiga) dan instansi-instansi terkait, perihal pengadaan SPKLU secara nasional,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com