Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Hyundai Mengganti Stargazer Varian Trend dengan Essential

Kompas.com - 20/07/2023, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum lama ini memperkenalkan varian baru dari Hyundai Stargazer, yakni Stargazer Essential.

Kehadiran tipe Essential sekaligus menggantikan varian Trend yang sebelumnya menjadi bagian dari keluarga Stargazer.

Untuk tipe Essential kini hadir dengan desain yang lebih menarik serta fitur yang lebih lengkap ketimbang Stargazer Trend.

Lantas dengan adanya pembaruan tersebut, mengapa Hyundai harus sampai mengganti nama Stargazer varian Trend menjadi Essential?

Baca juga: Mandalika Racing Series Jadi Tolok Ukur Naik ke Tingkat Asia

Astrid Ariani Wijana, Head of Marketing Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengatakan, keputusan ini dilakukan agar trim rendah dari Hyundai Stargazer bisa lebih kompetitif di pasar.

“Jadi kalau dilihat dari segi competitiveness secara menyeluruh, bisa dibilang untuk lower trim kami butuh pembaharuan. Ada PR yang harus diselesaikan supaya kami juga bisa memperkuat lower trim, lower segment supaya bisa sama dengan segmen atas yang memang sudah bagus permintaannya,” ucap Astrid di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Dari semua masukan konsumen yang kami tangkap selama satu tahun itu, kami mendengar bahwa mereka (segmen lower Stargazer) prinsipnya ini maunya punya ‘let say’ drive mode, tongkrongan cakap,” lanjutnya.

Selain itu, dengan nama baru, menurut Astrid akan lebih mudah untuk menarik perhatian konsumen agar lebih aware terhadap varian baru dari Stargazer.

“Orang sudah tahu Trend patokannya gini, bedanya akan lebih mudah untuk memberikan mereka langsung update dengan nama baru yang juga akan mengakomodir apapun semua yang mereka butuhkan dalam satu paket,” kata Astrid.

Baca juga: Sudah Banyak Komponen Modifikasi Motor Listrik yang Tersedia

“Jadi ketika dia bicara Essential, dia udah langsung tahu mobil ini mukanya kayak Prime. Intinya Essential punya semua hal yang konsumen inginkan dalam sebuah LMPV tapi harganya makin cocok sama kantong,” tambahnya.

Sebagai informasi, Stargazer Essential memang mendapat cukup banyak upgrade jika dibandingkan dengan tipe Trend, seperti tampilan MID sudah Full digital, ada tombol Start Stop Engine, Drive Mode (Smart, Eco, Sport, Comfort), fitur keamanan VSA, HSA, ABS, serta fitur TPMS untuk mengecek tekanan angin pada ban.

Bicara soal harga, Stargazer Essential dibanderol Rp 258,8 juta untuk tipe manual, dan Rp 272,5 juta untuk tipe iVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com