Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Marquez Jadi Sopir, Pakai Honda Civic Type R dengan Biofuel

Kompas.com - 19/07/2023, 13:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez turut tampil dalam video kampanye Repsol tentang biofuel. Pebalap Repsol Honda tersebut menjadi sopir dengan mengendarai Civic Type R di Spanyol.

Untuk diketahui, MotoGP akan mulai menggunakan bahan bakar non-fosil mulai 2024 sebesar 40 persen. Kemudian di 2027, akan ditingkatkan menjadi seratus persen bahan bakar non fosil.

Baca juga: Prestasi Jeblok dan Pebalap Cedera, Bos Repsol Honda Bingung

Tidak ada karbon yang dihasilkan dari pembakaran tersebut. Untuk itu, beberapa perusahaan mulai mengembangkan bahan bakar non fosil.

Repsol juga melakukan tes dengan Marc Márquez di atas RC213V-S pada November 2022 Si sirkuit Jarama, yang dikembangkan di Technology Lab perusahaan minyak Spanyol tersebut.

Dikutip dari Speedweek.com, Rabu (19/7/2023), Civic Type R yang dikendarai oleh Marquez daam video tersebut juga diisi dengan bahan bakar non-fosil.

Baca juga: Catatan Buruk Repsol Honda, Tidak Raih Poin di MotoGP Perancis

Untuk mempromosikan bahan bakar non-fosil, Repsol mengirim juara dunia delapan kali tersebut melewati jalanan Madrid dengan Honda Civic Type R. Mobil tersebut telah diisi dengan bahan bakar 100 persen terbarukan.

Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022Dok. HRC Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

Meski menggunakan bahan bakar non fosil 100 persen, tapi tidak ada ubahan yang dilakukan pada mesin Civic Type R. Bahan bakar ini dibuat dari bahan baku alternatif seperti minyak goreng bekas, limbah pertanian dan kehutanan, serta lemak hewan.

Keuntungannya adalah bahwa mesin yang ada saat ini maupun jaringan distribusi dan SPBU yang ada tidak perlu dimodifikasi. Oleh karena itu, selain elektrifikasi dan hidrogen, bahan bakar ini merupakan alternatif nyata untuk dekarbonisasi.

Biofuel yang dihasilkan dari limbah kayu, dipakai sebagai campuran avtur di pesawat Alaska Airlines.Blog Alaska Airlines Biofuel yang dihasilkan dari limbah kayu, dipakai sebagai campuran avtur di pesawat Alaska Airlines.

Menurut Repsol, bahan bakar terbarukan adalah landasan utama strategi perusahaan untuk mendorong dekarbonisasi dalam transportasi dan mencapai tujuannya untuk menjadi perusahaan tanpa emisi pada tahun 2050.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com