Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Kabin Bus Baru Akas Mila yang Pakai Livery Vintage

Kompas.com - 20/07/2023, 08:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com  - Perusahaan otobus (PO) Akas Mila Sejahtera akhirnya secara resmi merilis bus baru. Bus anyar tersebut berjumlah dua unit dan dirakit di Karoseri Tentrem dengan konsep yang unik lantaran menggunakan livery lawas atau vintage bus Akas Mila. 

Peluncuran kedua bus baru dengan livery vintage tersebut bertepatan pada hari jadi Akas Mila yang ke 47 tahun. Bus menggunakan balutan bodi Max Facelift serta sasis Hino AK240.

Baca juga: Video Marquez Jadi Sopir, Pakai Honda Civic Type R dengan Biofuel

Livery tersebut merupakan desain yang bersejarah bagi perjalanan bisnis PO asal Probolinggo itu. Sehingga untuk mengenang kembali perjalan Akas Mila sebagai layanan bus AKAP, livery khas tersebut dihadirkan kembali. 

Bus menggunakan kelir dasar putih berpadukan livery garis biru tua, biru muda serta garis tipis hijau dan merah yang mengelilingi bus. Tidak ketinggalan tulisan Akas berwarna kuning disematkan pada bodi samping.

Kabin bus baru milik Akas Milainstagram @tentremofficial Kabin bus baru milik Akas Mila

Bergeser ke bagian interior, bus menggunakan konfigurasi bangku penumpang yang relatif jarang digunakan oleh layanan bus AKAP. Pada beberapa unggahan foto dari Instagram @tentrembusofficial, kabin bus menggunakan kursi penumpang dengan konfigurasi 2-3. 

Lalu pada area kursi penumpang dan kru bus hanya dipisahkan oleh sekat partisi. Sementara itu, pada area paling belakang terdapat ruang khusus merokok yang terpisah menggunakan sekat pintu dan jendela kaca. 

Baca juga: Ini Pemicu Ledakan Api Saat KA Brantas Tabrak Truk di Pelintasan Kereta

Lantaran bus akan digunakan untuk layanan kelas ekonomi, kabin bus tidak dilengkapi dengan AC. Namun desain bus tetap dirancang memberikan kenyamanan pada penumpang.

Meski tampilan eksterior bus menggunakan livery jadul, bus tetap tampil modern lantaran menggunakan bodi Max Facelift.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com