Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Starbus Kembali Luncurkan Bus Medium, Kali Ini Rakitan Laksana

Kompas.com - 20/07/2023, 07:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Perusahaan Otobus (PO) Starbus kembali meluncurkan medium bus baru. Kali ini, berdasarkan bocoran foto yang ada di media sosial, tampak yang diluncurkan ada dua unit bus, hasil rakitan Karoseri Laksana

Sementara itu, belum lama ini PO yang masih bersudara dengan PO Sinar Jaya tersebut, telah meluncurkan satu medium bus rakitan Karoseri Adiputro. Bus itu banyak mengundang perhatian para pengemar bus lantaran menawarkan desain kabin super mewah. 

Adapun unit kedua unit bus baru rakitan Karoseri Laksana justru masih merahasiakan bagian interior bus secara detail. Namun, pada unggahan foto pada akun Instagram @laksanabus, nampak kabin bus belum dilengkapi  dengan kursi penumpang.  Biasanya, untuk interior bus akan dilengkapi begitu sudah masuk garasi. 

Maka dari itu, belum diketahui secara pasti apakah bus tersebut akan menggunkan desain kabin mewah juga seperti bus sebelumnya atau tidak. 

Baca juga: Apa Saja Bagian Motor Listrik yang Bisa Dimodifikasi?

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

Secara spesifikasi, eksterior bus menggunakan balutan bodi Tourista yang ditopang oleh sasis bus  Hino. 

Kemudian pada bagian fasia depan bus tampil memakai model double glass dengan bando yang kerap digunakan oleh jenis big bus. Lalu, pada bagian tengah bando disematkan aksen garis hitam dengan tulisan Tourista. 

Baca juga: Kaum Leher Beton, Julukan buat Orang yang Jarang Lihat Spion Motor

Tidak ketinggalan pada bagian kanan dan kiri  bus menggunakan kaca klakson model cangkul. Untuk desain eksterior bus secara keseluruhan masih menggunakan DNA dari bus Starbus. 

Bus masih menggunakan kelir putih dengan sentuhan logo perusahaan yang berbetuk lingkaran biru di bodi samping. Lalu, tidak ketinggalan dengan livery berbentuk bintang-bintang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com