Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan 47 Tahun, PO Akas Mila Luncurkan Bus Baru Livery Vintage

Kompas.com - 19/07/2023, 07:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com –Beberapa waktu lalu perusahaan otobus (PO) Akas Mila Sejahtera  memberikan sinyal bakal punya bus anyar. Para busmania di buat penasaran dengan bocoran foto pada unggahan akun Instagram @akasmilasejahtera_official.

Pasalnya pada foto tersebut hanya menampikan kerangka bus yang masih dalam tahap awal proses pembuatan lantaran baru di pasangkan pada sasis.

Namun, kini PO Akas Mila secara resmi merilis bus tersebut bertepatan pada hari jadi perusahaan yang ke 47 tahun.

Bus berjumlah dua unit yang dirakit oleh Karoseri Tentrem menggunakan balutan bodi Max Facelift. Kemudian sasis serta dapur pacu dari kedua unit bus baru itu ditopang oleh Hino AK240. 

Baca juga: Motor Listrik United MX-1200 Dapat Subsidi, Harga Jadi Rp 8 Jutaan

Uniknya, kedua bus tersebut justru menggunakan livery vintage atau livery lawas dari bus PO Akas Mila. Livery tersebut merupakan desain yang bersejarah bagi perjalanan bisnis PO asal Probolinggo itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT. AKAS MILA SEJAHTERA (@akasmilasejahtera_official)

Maka dari itu, untuk mengenang dan menghidupkan kembali nuansa bus Akas Mila tempo dulu, bus tersebut menggunakan desain livery vintage atau desain awal bus. 

Bus tersebut menggunakan kelir dasar putih berpadukan livery garis biru tua, biru muda serta garis tipis hijau dan merah yang mengelilingi bus. Tidak ketinggalan tulisan Akas berwarna kuning disematkan pada bodi samping. 

Baca juga: Tahun 1984 Harga Jimny Cuma Rp 7 Jutaan, Ini Harga Bekasnya Saat ini

Kendati tampil menggunakan livery jadul, secara spesifikasi bus tetap tampil modern lantaran menggunakan bodi Max Facelift. Apalagi, pada bus lawas Akas Mila dengan desain livery tersebut masih menggunakan model single glass.Sementara itu, pada kedua bus anyar justru menggunakan fasia depan model double glass yang kini banyak digunakan bus keluara terbaru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com