Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Mobil Pikap Berenang Menyeberangi Sungai Mengantar Pisang

Kompas.com - 14/07/2023, 07:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini beredar cuplikan video yang menampilkan sebuah mobil pikap tengah berenang menyebrangi sungai. 

Sontak video yang diunggah oleh akun Instagram @martapurainformasii tersebut mengundang berbagai komentar dari pengguna media sosial.

Pada video tersebut, pikap berjenis Suzuki Carry tersebut dengan sengaja menyebrangi sungai untuk mengatarkan muatan pisang. Hanya saja pada keterangan video tidak disebutkan kapan dan di mana kejadian itu terjadi. 

Begitu sudah berada di tepi sungai, sopir dengan sengaja mengarahkan pikap masuk ke sungai seakan mobil tersebut adalah kendaraan amfibi. Bukannya berenang untuk menepi ke sisi sungai yang ada di sebrang, pikap tersebut justru seperti terseret arus sungai.

Baca juga: Banyak PO Bus Baru Bermunculan, Diprediksi Tidak Tahan Lama

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, aksi sopir mobil pikap yang memaksakan kendaraan menyebrangi sungai sangat salah kaprah. Dari sisi keselamatan berkendara, pilihan sopir tersebut sangat mengundang bahaya yang ekstrem.

"Mobil itukan bukan perahu, habitatnya di darat, kering dan ada jalurnya. Kalau mesinnya terendam maka akan stag atau mati. Kalau sungainya dalam maka akan ngambang dan tenggelam. Jadi menyebrang sungai itu risikonya besar, pasti terseret arus," kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (14/7/2023). 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MARTAPURA INFORMASI OKU TIMUR (@martapurainformasii)

Baca juga: Promo Peugeot 3008 dan 5008, Servis Gratis Selama 5 Tahun

Maka dari itu, menanggapi video tersebut Sony menyarankan agar para sopir mobil pikap memikirkan dua kali sebelum mengambil keputusan. Jangan sampai karena tuntutan untuk mengatarkan muatan, maka sopir gegabah mengambil jalan bahaya. 

Jangan sampai memaksakan mobil untuk melintasi sungai lantaran mobil bukanlah perahu.  Sebaiknya, mobil menyebrang di jembatan dan ditempat yang resmi. 

 "Kendaraan dengan spek offroad sekalipun belum tentu bisa menyebrangi sungai," kata Sony. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com